Health

6 Gejala Diabetes Pada Wanita

By  | 

Data International Diabetes Federation tahun  2015  menyatakan jumlah estimasi penyandang Diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta orang.  Dan seperti kondisi di dunia, Diabetes kini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Bila tidak segera ditangani, jenis penyakit tidak menular ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas, disabilitias,  hingga kematian dini. Oleh karena itu, melalui peringatan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 November, diharapkan tumbuh kesadaran global untuk lebih waspada terhadap gejala – gejala Diabetes. Apa saja?

1. Sering merasa lapar & haus.

2. Luka tidak kunjung sembuh.

3. Sering mengalami infeksi. Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat glukosa sehingga menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh: Sariawan atau infeksi pada Ms. V.

Beauty woman sleeping

4. Sering merasa lelah & pandangan mulai kabur.

5. Berat badan semakin menurun tanpa sebab yang pasti.

6. Sering buang air kecil.

Semua gejala tersebut terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin yang berfungsi mengendalikan zat gula dalam darah dan mengolah glukosa menjadi energi sehingga tubuh menjadi cepat lelah, haus, hingga tidak segera bisa memulihkan kondisi kulit yang terluka.

Kementrian Kesehatan menyatakan bahwa salah satu faktor predominan Diabetes adalah berat badan berlebih dan obesitas. Berikut adalah langkah CERDIK yang telah digalakkan Pemerintah untuk melawan Diabetes:

1. Cek kesehatan secara teratur untuk mengendalikan berat badan (pemeriksaan tensi darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur).

2. Enyahkan asap rokok dan jangan merokok.

3. Rajin melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari.

Educate children to choose healthy food concept with little girl choice to eat fruit, not a donut

4. Diet yang seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat & gizi seimbang (Baca juga: 10 Buah yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes).

5. Istirahat yang cukup.

6. Kelola stres dengan baik dan benar. Dengan contoh yang baik, Si Kecil & anggota keluarga yang lain pasti akan terhindar dari ancaman Diabetes di masa tua. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares