Health

5 Pilihan Makanan Agar Gigi Si Kecil Kuat

By  | 

Menyikat gigi dan mengurangi makanan manis bisa membuat gigi Si Kecil tetap sehat. Namun, Anda perlu memberikan makanan sehat untuk menunjang pertumbuhan giginya.

Kebiasaan menyikat gigi bisa Anda latih sejak kecil, demikian juga kebiasaan membaca label makanan yang mengandung gula. Gigi Si Kecil akan tumbuh sehat dan kuat dengan rutin memberikan makanan ini.

1. Makanan kaya protein
Sumber makanan kaya protein seperti daging, kacang-kacangan, ayam, ikan,  sangat baik untuk memperkuat lapisan enamel gigi. Jadikan kacang sebagai camilannya agar gigi anak semakin sehat dan antikeropos.

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran
Keduanya merupakan makanan sumber karbohidrat dan vitamin. Khususnya buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon, pir, seledri, dan mentimun. Selain teksturnya yang crunchy saat dikunyah, rasanya pun lezat. Buah-buahan tersebut baik untuk menjaga kebersihan gigi.

3. Keju dan olahan dan susu 
Keju jenis cheddar dan Swiss ternyata membantu produksi saliva atau air liur. Fungsi saliva untuk membersihkan partikel makanan yang tersisa di sela-sela gigi. Berikan varian keju ini sebagai teman camilan Si Kecil dibarengi dengan olahan susu rendah lemak seperti susu skim ataupun yogurt.

4. Makanan alami
Makanan tanpa tambahan gula tentu membantu si kecil dari kerusakan gigi yang disebabkan oleh gula. Lebih baik berikan makanan yang kaya kalsium pada si kecil. Makanan seperti susu rendah lemak, keju, yogurt, dan brokoli adalah jenis makanan dengan kalsium tinggi yang akan membantu memperkuat gigi buah hati Anda.

5. Berikan air putih.
Minuman seperti jus, soda, bahkan susu kemasan kini banyak dibuat dengan kandungan gula dalam jumlah yang besar. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih tentu akan membuat kerusakan gigi. Batasi pemberian minuman manis pada Si Kecil dan biasakan untuk mengonsumsi air putih secara rutin. Khasiat air putih bukan hanya untuk tubuh saja, tetapi
juga baik untuk melarutkan bakteri berbahaya di dalam mulut. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares