Health

Pilihan Buah untuk Atasi Sembelit pada Bayi

By  | 

Sembelit merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada bayi yang baru mulai makan makanan padat. Hal tersebut tentu saja wajar karena ada peralihan dari yang tadinya organ pencernaan hanya menerima cairan berupa ASI ataupun susu formula menjadi makanan dengan bentuk yang lebih padat.

Bayi memiliki sistem pencernaan yang berbeda sehingga ada beberapa bayi yang  tidak cocok dengan beberapa buah-buahan, dan justru makin mempersulitnya untuk buang air besar. Karena itu penting sekali untuk mengetahui berbagai buah yang dapat dimakan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi.

Buah Naga
Buah naga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar terhindar dari sembelit. Satu hal yang perlu diingat, warna dan feses bayi biasanya mengikuti apa yang dimakannya. Oleh karena itu jangan kaget jika Anda mendapati fesesnya nanti berwarna pink atau ungu!

Pir
Kandungan air dan vitamin dalam pir dapat menjadi pencahar alami. Pir dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di usus. Selain itu, pir juga punya kandungan air yang banyak sehingga tetap menjaga anak tidak dehidrasi. Rasanya yang enak dan manis juga memudahkan Mama untuk memberikan buah ini kepada Si Kecil.

Plum
Buah impor satu ini memang menjadi sumber serat yang paling baik. Selain serat, plum juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Uniknya, plum memiliki kandungan alami yang dapat menjadi pencahar. Kandungan sorbitolnya dapat langsung melancarkan pencernaan secara alami. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam plum juga melawan penyakit lainnya yang mengancam. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares