Finance

Dana Darurat itu untuk Apa Saja Sih?

By  | 

Bagi Anda yang cermat dalam mengatur manajemen keuangan keluarga, tentunya dana darurat sudah ada didalamnya. Namun bagi Anda yang sama sekali belum memilikinya, coba deh Mams mulai memahami pentingnya dana darurat bagi Anda keluarga.

Sebaiknya dana darurat bagi Anda yang telah menikah adalah 6 kali dari besaran pendapatan Anda dan suami setiap bulannya. Kenapa banyak sekali dan untuk apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Biaya Pengobatan
Walaupun Anda sudah memiliki asuransi kesehatan ataupun BPJS, namun belum tentu semua biaya pengobatan tercover. Lagi pula, selama proses pengobatan, tentunya biaya transportasi dan konsumsi akan membengkak. Jadi dana darurat untuk biaya pengobatan tetaplah diperlukan.

2. Biaya Perbaikan Rumah
Bukan hanya biaya renovasi rumah, namun biaya membetulkan atap yang bocor atau AC yang tiba-tiba rusak pun juga mengeluarkan biaya bukan, Mams? Dan tentunya biaya untuk kedua hal diatas tak bisa dibilang sedikit.

3. Perawatan Kendaraan
Baik Anda mengendarai motor maupun mobil, biaya perawatan juga harus disiapkan, agara bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa langsung memperbaikinya. Karena tak semua kerusakan bisa diklaim oleh asuransi kendaraan. Lagipula sekalipun ditanggung, selama kendaraan Anda diperbaiki, tentunya Anda tetap harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya transportasi bukan?

4. Kehilangan Pekerjaan
We’ll never know what will happen tomorrow, bisa jadi karir cemerlang Anda hari ini bisa berubah di keesokan hari karena alasan yang di luar kendali Anda. Yup, bisa jadi hari ini Anda baik-baik saja, namun esok hari perusahaan tenpat Anda bekerja colaps dan terpaksa melakukan PHK besar-besaran. Nah, disinilah fungsinya dana darurat, selama Anda mencari pekerjaan baru, Anda bisa memanfaatkan dana darurat ini untuk menutupi kebutuhan bulanan keluarga.

5. Gadget
Handphone maupun laptop bukanlah barang yang mudah rusak. Namun bukan berarti tak bisa rusak. Karena nilai kepentingannya, maka ketika kedua barang tersebut rusak, maka Anda harus lekas memperbaiki atau bahkan menggantinya bila kerusakannya sudah fatal. Nah, Anda bisa memanfaatkan dana darurat Anda untuk kebutuhan ini.JAdi, jangan anggap sepele yang namanya dana darurat ya, Mams? (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares