Mind

Big Little Lies: It’s ‘Our’ Story

By  | 

Hi there, Mamas! Ada yang sedang mengikuti serial TV tertentu belakangan ini? Judul “Big Little Lies” yang ditayangkan di HBO mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, ya.. Miniseries yang baru saja mendapat penghargaan Primetime Emmy Award for Outstanding Limited Series ini memang sangat dekat dengan kehidupan kita sebagai mama; terutama dari segi cerita & kisah kesehariannya. 

Diperankan oleh Nicole Kidman, Reese Witherspoon, Shailene Woodley, Laura Dern, hingga Zoe Kravitz, “Big Little Lies” mengangkat kisah – kisah tabu yang kerap terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Mulai dari persaingan sengit antara sesama mama karena menganggap anaknya lebih pintar di sekolah, kewalahan menghadapi remaja putri, tantangan membesarkan anak seorang diri, hingga masalah serius domestic abuse.

Siapa sih yang tidak pernah memendam rasa iri terhadap sesama mama karena kesuksesan, kecantikan atau kepopulerannya? We all did. Usai menyaksikan episode pertama drama seri ini, saya segera berpikir bahwa ternyata hal tersebut lumrah terjadi, termasuk menyadari bahwa kesulitan membesarkan anak ditengah kesibukan diri danpekerjaan juga dialami oleh mama lain – bahkan dengan tantangan yang lebih berat. So yes, selalu ada hal yang bisa kita syukuri dari keadaan kini.

Big Little Lies The Cast

Big Little Lies The Cast

What we’ve learned from “Big Little Lies”:

1. You’re not alone. Kehebohan menghadapi hari pertama sekolah Si Kecil, juggling membagi waktu antara pekerjaan dengan kehidupan rumah tangga, hingga   – merupakan problem umum yang dihadapi oleh hampir semua mama. Find your own balance, everything’s gonna be just fine.

2. Being a good mama, no matter what. Dalam serial ini dikisahkan Jane Chapman (Shailene Woodley) mengalami trauma menjalani hubungan seksual dengan pria yang kasar dan defensif, hingga ia melahirkan seorang putra bernama Zigi yang harus dibesarkan seorang diri tanpa kehadiran papa. Di tengah tantangan dan kesulitan ini, Jane tetap menjadi sosok mama yang penyayang & menginspirasi Si Kecil untuk terus melakukan kebaikan. Bonding yang kuat antara keduanya juga akan mengingatkan pentingnya ‘kehadiran’ kita di mata anak – anak.

3. Bersyukur. Atas hal sederhana yang kerap luput dari perhatian kita, misalnya kesehatan Si Kecil, kebutuhan dan keinginan yang selama ini terpenuhi, atau hubungan yang baik antara kita dengan sesama sahabat.

Alexander & Nicole

Alexander & Nicole

4. Speak up! Dalam pidatonya saat menerima penghargaan “Outstanding Leading Actress” Emmy Awards 2017 atas perannya sebagai Celeste Wright, seorang istri & mama dari 2 orang anak yang kerap menerima siksaan dari pasangan (Perry Wright) yang diperankan oleh Alexander Skarsgard mengungkapkan kesungguhannya dalam mengangkat topik tabu ini untuk menjadi perhatian dunia, “(By this award) We shine a light on domestic abuse.”

So when it happens to you, speak up. Mamas dapat melihat penderitaan Celeste saat terus – menerus menjadi korban kekerasan pasangannya sendiri. Kondisi ini bukan saja tidak sehat bagi pribadi, namun juga hubungannya dengan keluarga dan anak – anak. (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares