Mind

5 Kebiasaan yang Buat Anda Terlihat Lebih Tua

By  | 

Tentunya, seiring dengan bertambahnya usia, baik kepribadian dan juga fisik akan turut mengikuti. Bagaimanapun, kita tak bisa menolak proses ‘pendewasaan’ ini ya, Mams. Munculnya kerutan di area mata dan bagian wajah lainnya membuat kita terlihat lebih dewasa. Tak akan jadi masalah bila penampilan Anda sesuai dengan usia sebenarnya. Namun bagaimana bila wajah Anda terlihat lebih tua dari umur Anda?

Karena itu, hindari kondisi ini dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk ini yuk, Mams!

1. Kurang istirahat.

Istirahat cukup dengan setidaknya tidur 8 jam sehari tak hanya menjaga kebugaran tubuh, namun juga bisa membantu penampilan Anda lebih fresh! Sebaliknya, kurang tidur akan menimbulkan kantung mata dan kulit yang kusam.

2. Suka makan junkfood

Tentunya Mamas tak bisa mengharapkan nutrisi yang cukup pada makanan cepat saji kegemaran Anda. Jadi, hentikan kebiasaan tidak sehat ini. Mulailah beralih ke makanan sehat dengan mengolahnya sendiri. Dan tentunya, perbanyak asupan sayur dan buah yang kaya nutrisi ya, Mams. Lagipula, kandungan antioksidan dan vitamin pada sayur dan buah dapat melawan kerusakan radikal bebas dan menjaga kulit lebih sehat.

3. Pecinta manis.

Bukan hanya membuat berat badan Anda mudah naik, makanan dan minuman manis juga menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti munculnya jerawat berlebih, merusak kolagen pada kulit, menimbulkan noda pada gigi, hingga diabetes!

4. Tak pernah menggunakan sunblock

Tahukah Anda Mams, kalau malas menggunakan sunblock dapat mempercepat timbulnya keriput dan muncul bintik hitam? Kondisi tersebut dapat terjadi karena paparan sinar UV langsung ke kulit Anda, akan menyebabkan radikal bebas yang dapat merusak kolagen, elastin, dan sel kulit. Jadi, tak hanya rentan terkena kanker kulit, tak menggunakan sunblock juga dapat membuat Anda mengalami penuaan dini.

5. Tak sempat me time.

Smart Mama paham benar, menjalani peran menjadi mama dan istri akan menghabiskan banyak waktu Anda hingga seringkali Anda tak sempat mengurusi penampilan Anda sendiri. Walau begitu, menyisihkan waktu untuk melakukan me time sangat penting lho, Mams. Selain dapat menghindari Anda dari rutinitas yang melelahkan, me time juga membuat Anda terhindar dari stress. Stress akan membuat penampilan Anda terlihat lebih tua. Sisihkan beberapa jam setiap 1 atau 2 minggu untuk sekedar merawat diri ke salon atau hang out bersama sahabat. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares