Health

Bra & Kesehatan Payudara

By  | 

Penggunaan bra seringkali diasosiasikan dengan kanker payudara, apalagi dengan adanya kampanye No Bra Day yang seolah mengukuhkan adanya hubungan antara bra dengan kondisi kesehatan payudara. Padahal No Bra Day diselenggarakan untuk meningkatkan kewaspadaan para wanita dalam mengenali breast cancer sejak awal. Karena berdasarkan hasil penelitian, hanya 2% orang yang mengetahui gejala kanker payudara selain benjolan.

Young woman shopping for bra.

Apakah ada hubungan penggunaan bra dengan kesehatan payudara? 

Yes Mams, jawabannya sangat ada. Bra yang kurang tepat dapat membuat kondisi payudara kurang sehat. Selain membuat payudara kendur, pemilihan bra yang salah juga dapat membuat sirkulasi darah di sekitar payudara menjadi kurang lancar. Oleh karena itu, saat membeli bra, pastikan Anda melakukan hal berikut:

  • Ukuran yang pas (baik ukuran lingkar maupun cup) . Jangan remehkan hal yang satu ini, karena banyak sekali dampak yang dapat ditimbulkan. Ukuran payudara yang sempit seringkali menjadi penyebab sirkulasi darah di sekitar payudara kurang lancar. Beberapa wanita bahkan mengalami sakit kepala, juga gangguan penceraan akibat bra yang terlalu sempit menekan saraf di sekitar leher, juga menekan area perut.
  • Bahan yang menyerap keringat. Bahan yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab gangguan kulit atau timbulnya bakteri pada payudara.
  • Penggunaan yang tepat. Bedakan antara bra untuk aktivitas sehari-hari, untuk di rumah maupun berolahraga. Untuk aktivitas sehari-hari mungkin Anda bisa membeli bra berkawat agar menopang payudara. Di rumah Anda bisa memilih bra tanpa kawat yang loose, dan untuk berolahraga Anda wajib mengenakan sports bra.

Bra Vs Breast Cancer

Meski beberapa penelitian mengatakan, wanita yang tidur dengan mengenakan bra berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan yang tidak menggunakan bra. Tetapi, hingga kini penelitian tersebut belum dapat dipastikan secara akurat. Namun demikian, tak ada salahnya mencoba tidur tanpa bra agar payudara Anda dapat beristirahat sejenak, tidur Anda pun lebih nyaman. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares