Health

5 Manfaat Konsumsi Air Hangat

By  | 

Konsumsi air minum diperlukan untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat, urin, dan kotoran serta uap yang keluar melalui pori – pori kulit. Lalu, apa saja manfaat konsumsi air hangat untuk tubuh kita, Mamas?

1. Meredakan nyeri menstruasi. Dalam hal ini, konsumsi air hangat bermanfaat untuk relaksasi otot yang kram dan melancarkan aliran darah dalam tubuh.

2. Melancarkan pencernaan; karena air hangat mampu melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah. Selain itu, air hangat mampu melarutkan makanan menjadi partikel -partikel kecil sehingga mudah untuk diuraikan menjadi feses.

Time to Detox

3. Detoksifikasi. Air hangat membantu membersihkan tubuh dari racun, sekaligus memperbaiki kondisi sel kulit yang rusak.

4. Meningkatkan kualitas tidur. Konsumsi air hangat sebelum tidur dalam keadaan perut kenyang akan membantu menenangkan saraf tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Meredakan tenggorokan. Saat sedang batuk atau sakit tenggorokan, konsumsi air hangat dapat menetralisir virus di dalamnya dan menghindarkan rasa gatal.

Woman drink a glass of water at morning after waking up

Waktu tepat konsumsi air hangat

1. Pagi hari saat perut kosong. Karena saat itulah air hangat berfungsi maksimal untuk meningkatkan pengencangan usus, sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan tubuh selanjutnya.

2. Setelah makan. Air hangat membuat proses pencernaan makanan berjalan lebih cepat, jika dibandingkan konsumsi air dingin.

3. Sebelum tidur. Konsumsi air hangat sebelum tidur di malam hari sekaligus membantu menstabilkan suhu & menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang malam. Efek positif yang dapat mamas rasakan di pagi hari adalah bangun dalam keadaan lebih fresh! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares