Health

Yuk, lakukan 5 Hal ini di Bulan Kanker Payudara!

By  | 

Mamas, tentu Anda sudah aware ya, setiap bulan Oktober diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month. Beberapa gerai pun ikut berpartisipasi melalui berbagai cara, misalnya kedai kopi Starbucks mengeluarkan minuman serba pink di bulan ini, yang 10% dari hasilnya akan didonasikan pada organisasi Love Pink. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Amerika Serikat juga memperingati bulan ini dengan menyalakan Gedung Putih menjadi warna pink. Di Indonesia sendiri, beberapa pihak turut menggelar acara mengenai kanker payudara guna memberi edukasi pada para wanita seputar penyakit yang satu ini. Sebagai seorang smart mama, apa ya yang bisa kita lakukan baik untuk diri sendiri maupun terhadap sesama? 5 aktivitas ini layak dijadikan inspirasi.

1. Memeriksakan diri sendiri dan jangan lupa ajak teman maupun saudara. Memang sih seharusnya Anda memeriksakan kondisi payudara secara rutin. Namun demikian, momen ini dapat dijadikan sebagai reminder bagi Anda dan orang-orang terdekat untuk cek kondisi payudara.

2. Memberi support langsung pada penderita kanker payudara. Tak hanya sekadar awareness, ada baiknya Anda memberikan support langsung pada para penderita kanker payudara dengan cara yang berbeda. Penderita kanker tak hanya membutuhkan dana, mereka juga perlu perhatian dan hiburan yang dapat mengalihkan dari rasa sakit juga menimbulkan semangat untuk sembuh. Anda dan para sahabat dapat menggelar berbagai kegiatan seperti make up class, yoga bersama, atau nonton bersama.

Friends At Home

3. Memberi donasi untuk program penelitian kanker payudara. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda dapat mengalokasikan dana tersebut guna membantu para ahli meneliti penyembuhan dan pencegahan kanker payudara. Sekecil apapun dana yang Anda keluarkan, sangat berarti bagi masa depan para generasi mendatang. Jika memungkinkan, Anda juga dapat melakukan penggalangan dana untuk hal ini.

4. Breast talk. Mengadakan kegiatan ngobrol santai bertema kanker payudara sangat berguna agar Anda dan para sahabat dapat bertukar informasi seputar hal ini. Apalagi jika salah satu dari teman Anda merupakan breast cancer warrior atau survivor. Anda semua dapat belajar mengenai pencegahan juga tanda-tanda dari kanker payudara.

5. Ingatkan Si Dia. Tak hanya wanita, pria pun rentan terkena kanker payudara, meskipun kasusnya lebih sedikit. Ingatkan pasangan untuk lebih aware akan masalah ini dengan memberi info seputar tanda-tanda kanker payudara pada pria. Ajak juga Si Dia untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares