Relationship

Bila Pasangan Kerap Mengungkit Masalah Lalu

By  | 

Setiap manusia tentu tak pernah luput dari melakukan kesalahan. Walau begitu, maunya Anda masalah yang telah selesai seharusnya tak lagi perlu diungkit-ungkit. Toh sebelumnya masalah sudah selesai, bukankah mengungkit masalah yang telah lalu hanya akan memperbesar konflik yang sudah ada saat ini? Namun bagaimana bila pasangan Anda termasuk tipe yang suka mengungkit masalah lalu?

Alasan

Sebelumnya, Anda perlu memahami alasan dibalik perilakunya ini. Bisa jadi 2 diantaranya adalah karena:

– Bisa jadi pasangan melakukan hal ini sebagai salah satu strateginya dalam demi memenangkan pertengkaran yang ada. Menurutnya, kesalahan Anda saat ini, ditambah dengan mengungkit kesalahan Anda di masa lalu, akan membuat kesalahan Anda jadi berkali lipat. Dan ini ia jadikan senjata untuk menyerang Anda. Dan dengan membuat Anda makin terpuruk, ia akan merasa jadi pemenang dalam ‘perang’ rumah tangga.

– Alasan lainnya adalah karena ia masih tidak bisa melupakan dan bahkan mungkin ia juga sebenarnya belum bisa memaafkan hal tersebut secara tuntas. Sehingga ketika kembali terjadi konflik dalam rumah tangga, ia akan selalu mengungkit kembali konflik tersebut.

 

Couple having a serious discussion on the couch

 

Bagaimana Menyikapinya?

Kesal tentunya sangat wajar Anda rasakan. Walau begitu, jangan sampai kondisi ini membuat emosi Anda semakin tersulut. Coba lakukan beberapa hal berikut ini, Mams!

– Tetaplah berpikir dengan jernih. Emosi yang meninggi pada akhirnya akan membuat pertengkaran semakin besar dan mungkin saja justru mengancam keharmonisan rumah tangga.

– Coba selesaikan masalah tersebut bersama dengan pasangan ketika sudah berdamai dengannya. Minta ia tidak lagi gemar mengungkit-ungkit masalah yang sudah selesai di kemudian hari.

– Pastikan segala masalah yang ada dalam rumah tangga Anda, benar-benar terselesaikan dengan baik. Buat kesepakatan dengan pasangan, agar setiap ada masalah yang mengganggu, jangan dipendam saja, melainkan dibicarakan, dan diselesaikan. Menumpuk masalah hanya akan menyiapkan bom waktu nantinya. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares