Tetap ‘Hadir’ untuk Keluarga Walau Sering Melakukan Perjalanan Bisnis

By  | 

Bagi wanita, karir tak hanya sebagai sarana untuk mengejar materi, namun juga sebagai aktualisasi diri. Terlebih bila bidang pekerjaan yang dijalani sesuai dengan passion Anda ya, Mamas? Namun bagaimana bila pekerjaan Anda menuntut Anda untuk sering bepergian, terutama keluar kota atau ke luar negeri?

Hal ini pun dialami oleh Jenna Mayo, remote operations assistant for ESPN (saluran tv olahraga). Pekerjaannya menuntut Jenna untuk melakukan perjalanan bisnis selama 4 hari setiap minggunya selama 18 bulan belakangan ini. Tak hanya bekerja di ESPN, Jenna juga berprofesi sebagai pengajar di Johnson & Wales University’s Sports Entertainment and Event Management program, mentor bagi atlet kampus dan juga sebagai public speaker for Charlotte’s Speakers Bureau and Safe Alliance. Tak heran bila kesibukannya ini kemudian membuatnya terpaksa melewati momen perayaan Thanksgiving selama 8 kali.

Bekerja keras di industri yang didominasi oleh laki-laki, membuat Jenna bercita-cita untuk dapat selalu memberi teladan bagi wanita dan anak perempuan agar mereka tidak mudah diintimidasi untuk memilih karir apapun, di mana wanita termasuk dalam skala minoritas. Sebagai istri dan mama dari dua orang anak yang memiliki karir cemerlang, Jenna bisa dikatakan berhasil menjalani perannya secara seimbang.

“People want to feel loved, valued, missed and important. “So, when I’m away, I want to make sure my husband and kids feel that. It’s my responsibility as a wife and a mom,” terang Jenna yang sempat meluncurkan sebuah buku anak berjudul My First Auburn Baseball Book ketika anak lelakinya lahir.

Berikut tip dari Jenna bagaimana ia menyeimbangkan antara karir dan keluarga, dilansir dari ivankatrump.com:

1. Follow the love languages

Dalam The Five Love Languages yang ditulis oleh Gary Chapman, ia mengatakan bahwa  bahwa setiap orang setidaknya pernah mengungkapkan atau mengekspresikan cintanya dengan salah satu dari 5 bahasa cinta yang ada, yaitu gift giving, quality time, words of affirmation, acts of service (devotion), and physical touch. Jika anak Anda merupakan words of affirmation, maka pastikan untuk meneleponnya setiap hari. Isi kulkas di rumah sebelum Anda pergi atau buatlah makanan yang disukai keluarga Anda jika bahasa cinta suami Anda adalah acts of service (devotion). Selain itu, memberi hadiah juga merupakan bagian dari bahasa cinta Anda untuk keluarga. Walau begitu, berhati-hatilah dalam memberikan hadiah bagi anak-anak, jangan sampai mereka selalu mengharapkan sang mama memberinya hadiah setiap kali pulang dari bepergian. Dua bahasa lainnya adalah waktu berkualitas dan sentuhan fisik, Lakukan itu begitu Anda berada di rumah dan sebelum Anda pergi.

2. Be in touch daily

Saya mencoba melakukan beberapa cara untuk berkomunikasi dengan keluarga saya setiap harinya dan mengatakan kepada mereka bahwa saya mencintai mereka. Kami menyukai FaceTime. Papa saya dulu seringkali mengirimi saya Beanie Babies saat berada di bandara. Kini, setelah ada iPhone dan semua teknologi ini kita bisa melakukan hal-hal yang bebas dan unik. Kita dapat menelepon, mengirim teks dan tetap terhubung dengan orang yang kita cintai dengan berbagai cara.

 

We missed you Mommy!

 

3. Get creative

“Ketika bekerja, saya menunjukkan rasa cinta saya dengan mengirimi mereka foto di sela-sela pekerjaan saya. Biasanya saya akan berdiri di lapangan atau di sela-sela pertandingan dengan melakukan sesuatu yang bisa menunjukkan kalau saya cinta anak-anak saya. Untuk anak lelaki saya yang terobsesi dengan kereta dan pesawat, saya akan mengiriminya gambar rel kereta atau pesawat saat saya bepergian dengan kereta ataupun pesawat terbang.”

4. Leave notes

“Write special “I love you” or “I love you because…” notes or even inspirational quotes and hide them in lunch bags, briefcases or backpacks.”

5. Buat jadwal kegiatan bersama keluarga

“Pada awal pernikahan, saya harus melakukan perjalanan bisnis selama 4 hari setiap minggunya saat weekend. Tentunya berkencan dengan suami saat malam minggu sangat mustahil, karena itu kami selalu merencanakan makan malam atau date night di hari senin atau selasa.”

Jadi pastikan Anda selalu membuat jadwal acara untuk keluarga setiap minggunya, dan selalu ingatkan mereka bahwa selalu ada cinta Anda untuk mereka ya, Mams! Agar keluarga Anda tetap ‘memiliki’ Anda di tengah kesibukan Anda yang sangat padat. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares