Interior Design

Elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian

By  | 

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan. Terlihat familiar? Tampilan seperti ini memang kini sering Anda temukan saat berkunjung ke cafe, working space, atau ruang publik komersial lainnya. Salah satu ciri gaya industrial yang sengaja mengekspos rangka bangunan memang sedang digemari.

Ingin mencoba menghadirkan gaya industrial di rumah Anda?  Berikut 4 ide interior industrial yang bisa diterapkan pada hunian Anda.

1. Lantai Semen Poles
Meski tampak sederhana, penerapan semen poles pada lantai hunian tetap membutuhkan keterampilan khusus dan pilihan semen berkualitas. Bila tidak, lantai tidak akan bertahan lama, mudah retak, bahkan pecah. Tak hanya untuk konsep industrial, lantai semen poles bisa Anda adaptasikan ke konsep interior apapun karena mampu menciptakan kesan natural dan mudah dipadupadankan dengan beragam model mebel dan furnitur, bahkan dengan warna mencolok sekalipun.

a107576a86f5b1c43fdec4a308f74247--hygge-interior-design-nature-design-interior

2. Dinding Unfinished
Dinding unfinished bukan berarti dinding belum selesai dibangun, lho. Dinding unfinished artinya dinding dibiarkan tanpa cat atau finishing apa pun hingga menimbulkan kesan seakan-akan dibiarkan tidak selesai. Tampilan seperti ini mampu memperkuat kesan industrial pada hunian. Karena hanya dilapisi semen atau beton, maka konsep unfinished umumnya hanya menampilkan satu warna, yakni abu-abu. Agar tak terkesan “datar”, kreasikan dinding lewat permainan tone atau gradasi, tekstur, dan aksen hingga dinding terlihat unik. Warna abu-abu yang netral membuat dinding unfinisheddapat diaplikasikan di ruangan apa pun. Padukan dengan material kayu agar suasana ruangan lebih “hangat” dan seimbang.

b5c638a757a8e4e8be5855762eea7fc7--london-home-decor-london-house

3. Langit-langit Plester
Tidak hanya lantai dan dinding, langit-langit ruangan juga bisa Anda manfaatkan untuk menunjang gaya industrial pada hunian. Tak perlu pasang plafon, biarkan finishing langit-langit ruangan hanya mencapai tahap plester, yakni tahapan melapisi dinding dengan campuran pasir dan semen. Kreasikan bentuknya agar langit-langit terlihat unik, misalnya dengan bentuk lengkungan-lengkungan atau tekstur timbul untuk memberi kesan multidimesional.

4. Aksesori
Semen bisa Anda fungsikan lebih dari sekedar bahan bangunan. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan bermacam hiasan dan aksesori untuk mempercantik hunian. Salah satu ide yang bisa Anda terapkan adalah dengan membentuk semen menjadi sebuah pot, taruh tanaman di dalamnya, kemudian tempatkan di sudut ruangan atau sebagai variasi tambahan pada mini garden Anda. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares