Education

#BicaraUang Pada Si Kecil, Pentingkah?

By  | 

PermataBank mengadakan media klinik keuangan bersama dengan media-media terpilih, guna membahas mengenai pentingnya bagi keluarga Indonesia untuk mulai #BicaraUang sejak dini. Aktivitas ini juga bukti komitmen PermataBank sebagai salah satu bank nasional yang turut mendukung gerakan literasi finansial Indonesia. Berikut ulasannya.

Survei membuktikan hanya 1 dari 3 orang Indonesia yang memiliki pemahaman yang baik mengenai uang. Bahkan di dalam sebuah keluarga, yang memiliki peranan signifikan untuk membangun fondasi pendidikan keuangan pun, uang masih menjadi bahan yang tabu dibicarakan setelah seks.

20 September lalu, bertempat di PermataBank Office Tower, Gedung WTC 2,  PermataBank mengadakan media klinik keuangan bersama, guna membahas mengenai pentingnya bagi keluarga Indonesia untuk mulai #BicaraUang sejak dini. Media klinik ini merupakan rangkaian acara untuk gerakan #BICARAUANG, dimana melalui gerakan ini, PermataBank bertekad untuk mendobrak mispersepsi tentang uang yang ada di masyarakat sosial kita, demi memberikan pemahaman holistik seputar keuangan bagi keluarga Indonesia. Hadir pada kesempatan tersebut, Ibu Ivy Widjaja selaku Head of Customer Segmentation & Marketing, yang sangat senang dapat meluncurkan koleksi e-guidebook #BICARAUANG for Parents with Young Children. Acara ini semakin seru dengan kehadiran Mona Ratuliu yang membawakan seminar mengenai Parenthink.

Gerakan #BICARAUANG yang diciptakan oleh PermataBank ini melahirkan aset aset yang sangat berguna bagi keluarga Indonesia diantaranya adalah 9 serial e-guidebook, dirancang untuk berbagai situasi keuangan yang mungkin terjadi di keluarga Indonesia. Financial literacy yang diharapkan dapat dikembangkan adalah seperti menentukan nilai penting (value), makna (purpose), tujuan (goal), sikap (attitude), dan perilaku pengguna uang (financial behavior), membuat keputusan, dan membuat perencanaan keuangan.

E-guidebook ini dapat diunduh secara gratis di www.bicarauang.com. Program e-guidebook ini membahas mengenai prinsip dasar sistem keuangan serta tips dan worksheet yang dirancang khusus untuk dikerjakan secara individual ataupun bersama pasangan dan keluarga.

IMG_6340 (1)

 

IMG_6341 (1)

IMG_6342

E-guidebook tersebut adalah hasil kerjasama PermataBank dengan WeCan, salah satu konsultan psikologi di Indonesia, yang membuat kita dapat mempelajari keuangan dari sisi psikologi dan juga sisi perbankan. Pada sesi media clinic hari ini, PermataBank akan berdiskusi tentang e-guidebook for Parents with Young Children, yang merupakan buku panduan yang ditujukan bagi orangtua untuk memberikan edukasi mengenai literasi keuangan kepada anak sejak dini. Yuk, Mams, waktunya mengajarkan Si Kecil pentingnya mengenali uang. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com, Dok.Pribadi)

Shares