Finance

4 Trik Agar Tak Lagi Lupa Bayar Tagihan

By  | 

Berperan sebagai seorang mama, istri, dan juga manajer keuangan bagi keluarga tentunya membuat Anda sangat sibuk. Jadi wajar saja kalau sesekali ada hal yang terlewat. Salah satunya, adalah membayar tagihan bulanan! Dan negatifnya, kealpaan ini membuat Anda jadi boros karena harus membayar beban denda keterlambatan pembayaran.

Baik membayar tagihan listrik, telepon, air, kartu kredit, hingga uang sekolah anak, ada baiknya bisa dilakukan sesuai tanggal penagihan. Bahkan, akan lebih baik lagi kalau Anda bisa melakukan hal ini sebelum hari terakhir. Nah, agar Anda tak terus menerus lupa, berikut trik yang bisa Anda lakukan agar tak lagi lupa bayar tagihan:

 

Woman paying bills online

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Tandai kalendar.

Baik kalendar digital maupun kalender yang tergantung di rumah, Mamas bisa memberi tanda pada tanggal dimana berbagai tagihan harus dibayar. Bila ada beberapa tagihan yang tak tentu tanggalnya, ketika surat atau email tagihan datang, segera Anda tandai tanggal penagihan pada kalendar. Jangan ditunda!

2. Tandai sebelum tanggal penagihan.

Tandai kalender Anda satu hari sebelum tanggal jatuh tempo penagihan. Dengan begitu, ketika Anda masih juga lupa melakukan pembayaran, masih ada 1 hari lagi untuk melakukannya.

3. Fasilitas Autodebet.

Sekarang ini, hampir semua tagihan pembayaran bisa dibuat autodebet. Jadi manfaatkan fasilitas perbankan yang satu ini, Mams. Bila Anda bingung caranya, Anda bisa menghubungi call center, atau mendatangi langsung bank terkait untuk informasi lebih lengkapnya. Jadi, tiap bulan Anda tak perlu pusing lagi mengurus pembayaran tagihan-tagihan ini.

4. Evaluasi langganan.

Coba deh Mams, cek lagi apa saja tagihan rutin bulanan Anda. Si Mama yang super sibuk seperti Anda, bisa jadi lupa Anda sudah berlangganan apa saja. Contohnya, Anda sudah mendaftar untuk mengikuti keanggotaan gym selama 1 tahun, tapi yang Anda ingat hanya 6 bulan dan tak pernah datang lagi ke gym karena berpikir masa keanggotaan sudah habis. Atau bisa juga sebaliknya, Mamas sudah sampai tempat gym, eh masa berlaku keanggotaan sudah kadaluwarsa. Begitu juga dengan saluran TV kabel, Anda tak perlu berlangganan semua channel bila yang Anda tonton bersama keluarga channel-nya hanya itu-itu saja. Yang ada malah buang-buang uang bukan? (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares