Health

3 Langkah Cegah Sariawan

By  | 

Jangan anggap enteng rasa sakit dan perih yang sering muncul pada bagian dalam mulut, gusi, serta bibir ini, Mams. Jika tidak dicegah, sariawan dapat mengganggu kenyamanan Anda beraktivitas & makan selama berminggu – minggu.

Canker Sore

Penyebab sariawan

Dalam istilah medis, sariawan sering disebut dengan stomatis atau radang yang terjadi pada mulut. Berupa bercak putih kekuningan, sariawan tidak hanya disebabkan oleh luka di rongga mulut saja. Faktor lain pemicu sariawan adalah stres, infeksi virus, kekurangan vitamin, perubahan hormon serta siklus menstruasi, hingga alergi terhadap makanan.

Sebagai langkah pencegahan, lakukan 5 langkah berikut:

1. Berkumur dengan mouthwash

Zat antibiotik yang terkandung di dalam obat kumur terbukti mampu membunuh bakteri di sekitar rongga mulut. Perhatikan kandungan di dalamnya, obat kumur yang mengandung antiseptik povidone iodine mampu mencegah infeksi virus serta bakteri.

Woman Holding Bottle Of Mouthwash

2. Seimbangkan gizi makanan

Konsumsi berbagai sumber vitamin dan mineral dari sayur dan buah – buahan yang kaya akan vitamin C, B dan zat besi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Kekebalan tubuh yang terjaga akan menghalau virus masuk melalui rongga mulut.

3. Sikat gigi & lidah

Sariawan erat kaitannya dengan kebersihan rongga mulut. Pastikan mamas menyikat gigi & lidah secara teratur secara perlahan – lahan, untuk membersihkan bakteri yang bersarang di sekat – sekat gigi.

Young woman drinking  glass of water

Bagaimana langkah pengobatannya?

Berkumur dengan larutan garam selama 3 -4 kali sehari atau mengonsumsi air putih dapat menjadi obat alami mengatasi sariawan. Mengoleskan cairan magnesium hidroksida yang terdapat dalam obat tetes sariawan juga disarankan, lalu hindari konsumsi makanan yang dapat  mengikis luka seperti makanan asin, minuman bersoda, dan makanan manis.

Pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 10 – 14 hari. Jika dalam rentang waktu tersebut mamas masih merasakan luka & perih, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares