Parenting

Yuk, Ajak Si Kecil Menonton Bioskop!

By  | 

Coba Anda ingat-ingat Mams, kapan terakhir kali Anda menonton film di bioskop? Bisa jadi terakhir kali Anda pergi ke bioskop adalah saat anda mengandung Si Kecil! Sedangkan Si Kecil saat ini sudah berusia 3 tahun. Hmm… lama juga ya Anda tak menjalani hobi nonton Anda, Mams?

Untuk mengobati kerinduan Anda sekaligus menambah pengalaman Si Kecil, yuk ajak ia nonton bioskop bersama Anda, Mams! Mungkin Mamas merasa khawatir bila nekat mengajak Si Kecil nonton di bioskop untuk pertamakalinya, meskipun pilihan film Anda adalah film anak yang disukai Si Kecil. Menghadapi rasa takut karena suasana ruang bioskop yang gelap, hingga bosan karena film yang tak kunjung usai akan jadi tantangan Anda. Namun tak ada salahnya lho mencoba, berikut trik dari Smart Mama saat mengajak Si Kecil ke bioskop:

1. Research the theater.

Cari tahu melalui internet, film apa saja yang diputar di bioskop-bioskop yang lokasinya tak jauh dari kediaman Anda. Pilihlah jam tayang film yang bukan jam tidur siang Si Kecil

2. Pick your movie well.

Tentunya, Anda harus mengalah dengan tidak memilih film dewasa untuk ditonton bersamanya. Pilih film anak sesuai usia dan gendernya. Film seperti Cars 3 mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Si Anak Perempuan, namun film seperti The Boss Baby misalnya, bisa ditonton oleh anak perempuan ataupun anak lelaki.

3. Ajak orang lain.

Pergi ke bioskop pertama kali hanya berdua dengan Si Kecil akan jadi pengalaman yang seru sekaligus mungkin merepotkan. Maka, tak ada salahnya kalau Anda juga mengajak suami atau kerabat lainnya untuk menemani Anda. Dengan begitu, ketika Si Kecil rewel, Anda masih punya orang lain yang mendukung Anda saat menghadapi Si Kecil. Bila Si Kecil ternyata cukup anteng, maka untuk berikutnya Mamas bisa mengajak teman-teman Si Kecil dan mamanya untuk menonton bersama. Pasti anak-anak akan lebih excited!

4. Manage expectations.

Bisa jadi, Si Kecil akan merasa tak nyaman atau bahkan takut mendengar suara yang sangat keras, dan ruangan bioskop yang gelap. Belum lagi saat bosan melanda karena film yang ditonton tak kunjung usai, meskipun film yang ditonton adalah film favoritnya. Jadi, siapkan mental Anda ketika Si Kecil rewel minta pulang, bolak-balik minta ke toilet, atau menangis kejer saat mendengar suara yang sangat keras ya, Mams! Saya sendiri mengalami 3 kali keluar masuk bioskop saat mengajak Si Kecil menonton film Moana. Dari alasan ingin buang air kecil, kok filmnya tidak selesai-selesai, hingga menangis keras karena takut saat menyaksikan salah satu adegan yang ada dalam film. Yang ada mau tak mau saya harus menenangkan Si Kecil terlebih dahulu di luar bioskop, dan kemudian mengajaknya masuk kembali.

5. Skip the trailers.

Mungkin menonton trailer film yang akan segera tayang menyenangkan bagi Anda, namun belum tentu baginya. Jadi sebaiknya Mamas melewatkan penayangan trailer dengan masuk ke ruangan lebih lama. Ini untuk mengurangi waktu Si Kecil berada dalam bioskop.

6. Pilih tempat duduk yang pas.

Selain memastikan Anda dan Si Kecil mendapat tempat duduk yang pas berada di tengah layar, memilih tempat duduk yang dekat dengan jalan keluar-masuk juga cukup penting. Sehingga ketika Anda harus bolak-balik keluar bioskop, Mamas tak harus mengganggu penonton lainnya.

7. Bawa mainan favoritnya.

Jangan lupa membawa boneka atau mobil-mobilan kesayangan Si Kecil. Jadi ketika ia bosan, ia masih bisa memainkan mainan kesayangannya.

8. Don’t forget the snacks. 

Membawa makanan yang dibeli di luar area bioskop memang tak diperbolehkan. Namun apakah Si Petugas akan tega melarang Anda membawa biskuit atau minuman favorit Si Kecil yang memang tak dijual di bioskop? Menjaga perut Si Kecil tetap terisi akan dapat mengurangi rewelnya lho, Mams! Walau begitu, sebaiknya Mamas juga membeli snacks di area bioskop untuk Anda sendiri. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares