Career

No Time for Networking? Berikut Cara Memperluas Networking Bagi Working Mama

By  | 

Ketika Anda berniat untuk kembali mengembangkan karir Anda setelah sebelumnya fokus pada Si Kecil, maka yang perlu Anda pikirkan saat ini adalah “Bukan apa saja yang Anda ketahui, melainkan siapa yang Anda kenal.” Dengan kata lain, keterampilan dan pengalaman hanya bisa membawa Anda hingga sejauh ini saja; sedangkan jaringan koneksi Anda dapat membantu Anda melesat lebih jauh. Walau begitu, bagi working mama yang sibuk seperti Anda, tentunya memiliki jaringan koneksi yang luas bisa dibilang bukan prioritas Anda selama ini.

Menurut career expert Donna Stoneham, Ph.D., dan Ora Shtull, Anda harus meluangkan waktu untuk ini. Donna Stoneham, Ph.D., merupakan California-based master executive coach, transformational leadership expert, facilitator, author and speaker. Sedangkan Ora Shtull merupakan executive coach in New York City, co-founder of career advancement site CareerBlast dan penulis buku The Glass Elevator: A Guide to Leadership Presence for Women on the Rise.

Berikut cara memperluas networking dari Stoneham dan Shtull:

1. Create New Connections

“Visualisasikan jaringan ideal yang ingin Anda ciptakan, lalu tetapkan niat Anda setiap hari untuk mengembangkannya,” saran Dr. Stoneham. “Kemudian, tanyakan pada diri Anda, ‘Siapa yang saya kenal yang mungkin bisa membantu saya?'”

Jika Anda gugup mengenai apa yang harus dikatakan saat akan berkomunikasi dengan orang yang dituju, maka fokuslah pada hal lain. “Anda tidak perlu memulai semuanya dengan apa yang akan Anda katakan saat bertemu dengan orang baru, melainkan pertanyaan apa yang akan Anda ajukan pada mereka,” saran Shtull. Sebaliknya, Anda juga harus bisa membuat mereka penasaran pada Anda. “Perkenalkan diri Anda dengan penuh percaya diri dan dapat menarik perhatian mereka. Itu akan membuat mereka penasaran dengan Anda dan membantu percakapan selanjutnya mengalir begitu saja,” lanjutnya Shtull.

Begitu Anda fokus mengembangkan jaringan Anda, lakukan beberapa hal ini:

  • Perluas jaringan koneksi saat Anda berada di kantor. Ini sangat berguna jika Anda benar-benar tidak mempunyai waktu di luar jam kerja. “Jika Anda biasanya makan di meja kerja Anda, setidaknya dua kali seminggu, jadwalkan makan siang atau minum kopi bersama rekan kerja dan makan di kafetaria atau di luar rumah,” usul Dr. Stoneham. “Fokuslah untuk mengenal orang-orang ini, minat, bakat dan kebutuhan mereka. Tanya pada mereka bagaimana mereka membangun dan memperluas jaringan mereka. Mengetahui cara-cara lain mungkin bisa membuat Anda dan rekan kerja saling dukung dalam membangun jaringan masing-masing.”
  • Kunjungi berbagai seminar dan acara. Selain menambah ilmu, mengikuti seminar juga bisa membuat Anda berkenalan dengan banyak orang dari berbagai profesi disini. Bahkan mengunjungi acara ulang tahun rekan kerja atau teman sekolah pun bisa memperluas jaringan Anda lho, Mams. Tentunya tamu-tamu yang hadir di acara tersebut tak hanya berasal dari satu profesi saja bukan?
  • Gunakan LinkedIn. Jika profil LinkedIn Anda sudah lama tak tersentuh, maka kini waktunya Anda mulai kembali memperbaharui data diri dan terhubung dengan lebih banyak orang. “Ini merupakan cara ampuh untuk memperluas jaringan Anda dengan cepat,” terang Dr. Stoneham.
  • Temukan setidaknya satu grup afinitas yang terkait dengan minat dan karir Anda.
  • Selalu kenali orang-orang yang berkontribusi terhadap kesuksesan Anda. Tidak hanya dengan mengucapkan terima kasih lewat kartu atau karangan bunga namun juga tunjukkan bagaimana bantuan mereka dapat membawa Anda pada kesuksesan.

 

One to One Business Meeting

 

2. Jaga Koneksi yang Ada

Selain menambah koneksi baru, jaringan yang ada juga wajib dijaga dengan cara berikut:

  • Luangkan waktu untuk mereka. Meskipun hanya sesaat, luangkan waktu Anda bersama dengan orang-orang di jaringan Anda dengan membantu mereka saat dibutuhkan, berbagi saran atau sekedar mengobrol. Mengingat hari ulang tahun atau memuji juga bisa jadi cara untuk menjaga koneksi Anda.
  • Lebih bijaksana. Jika Mamas melihat seseorang di jaringan Anda berurusan dengan sesuatu yang penting, menarik atau menegangkan, maka berdiskusilah dengannya. “Selalu siap untuk mendengarkan, memahami, dan berempati,” saran Shtull.
  • Tindak lanjuti. Koneksi jaringan baik baru maupun yang sudah ada, sangat penting bagi Anda. Shtull menyarankan untuk sebisa mungkin tetap terhubung dengan mereka, baik melalui LinkedIn, email, artikel atau undangan untuk meeting. Upaya ini sangat berharga untuk menjaga jaringan. “Kesuksesan Anda berbanding lurus dengan kedalaman dan keluasan networking Anda,” ujar Shtull. “Semakin banyak koneksi yang Anda miliki, semakin besar jaringan Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares