Health

Granola, Snack Sehat Kaya Manfaat

By  | 

Jenis snack sehat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda, ya. Yes, Mamas. Selain dapat dinikmati dengan cara dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, oats, serta buah – buahan, granola juga dapat menjadi pilihan makanan yang bisa langsung dikonsumsi. Selain enak, ternyata manfaatnya untuk tubuh juga sangat banyak, lho!

Pilihan penyajian granola, overnaight oats/campuran yogurt

Pilihan penyajian granola, overnight oats/campuran yogurt

Apa itu Granola?

Pada tahun 1863, ahli kesehatan asal Amerika, James Caleb Jackson memanfaatkan tepung gandum untuk membuat sereal sarapan yang bernama Granula. Beberapa tahun kemudian, nutritionist berkebangsaan Amerika Serikat John Harvey Kellogg membuat sendiri sereal sarapannya yang di era kini dikenal dengan nama “Granola”.

Kreasi makanan khas vegetarian ini muncul setelah tahun 1800 an masyarakat Amerika mengeluhkan kondisi pencernaan mereka yang semakin tidak sehat karena porsi sarapan yang besar, meliputi karbohidrat, daging & ikan.

Granola sendiri terdiri dari biji gandum yang sudah digiling menjadi pipih, biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang hingga kering. Kini, mamas dapat menemui beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah berry kering, kacang almond, dan lainnya.

Pilihan penyajian granola, dengan susu & potongan buah - buahan

Pilihan penyajian granola, dengan susu & potongan buah – buahan

Kandungan & Manfaat Granola

Satu mangkuk granola mengandung 600 kalori, 28 gram lemak, 18 gram protein, 65 gram karbohidrat, 24,5 gram gula, dan 11 gram serat (United States Department of Agriculture) yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi jenis makanan ini disarankan saat sarapan maupun snacking.

Selain kandungan diatas, granola dinyatakan memiliki kandungan vitamin B1, asam folat, vitamin E, dan beberapa kandungan mineral seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah bertumbuhnya sel kanker, pelindung syaraf tubuh, serta membantu menjaga kekuatan & pertumbuhan tulang. A healthy outside, starts from the inside. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares