Finance

Trik Memilih Brand Asuransi

By  | 

Q: Saya ingin tanya, apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan saat akan memilih brand asuransi, baik untuk kesehatan, pendidikan anak, maupun investasi? – Istie Febrina, mama dari Darrel (8 th).

Tejasari menjawab:

Ask The Expert no border

Dear mbak Istie,

Asuransi memang sangat dibutuhkan bagi keluarga, karena dengan memiliki asuransi, artinya keluarga kita akan terproteksi dari musibah yang mungkin bisa terjadi dan tidak bisa dihindari. Dengan semakin berkembangnya produk asuransi saat ini, maka kita semakin bingung untuk memilih produk asuransi yang tepat bagi keluarga.

Perlu diingat, tidak selalu asuransi yang murah preminya adalah yang paling tepat bagi keluarga kita, bisa jadi proteksi dan pertanggungan yang ditawarkan terlalu kecil dan tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga. Sebaliknya juga, tidak selalu asuransi yang mahal preminya adalah yang paling tepat bagi keluarga kita, karena bisa jadi terlalu banyak tambahan manfaat yang dimasukkan sehingga terlalu berlebihan dan tidak terpakai dengan efektif bagi keluarga.

Dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi saat ini, serta beberapa kejadian yang kurang menyenangkan bagi nasabah asuransi, maka memang penting sekali untuk bisa memilih perusahaan asuransi yang tepat agar manfaat asuransi yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang telah kita bayarkan serta proteksi yang dibutuhkan bagi keluarga dapat terpenuhi.

Senior Adult Life Insurance Healthcare Concept

Ada beberapa cara untuk bisa memilih perusahaan asuransi yang baik

  1. Rasio RBC (Risk Based Capital) lebih besar dari 125%

Rasio ini digunakan untuk melihat tingkat kesehatan dari perusahaan asuransi, dengan melihat seberapa besar kemampuan perusahaan untuk memenuhi risiko yang mungkin terjadi di perusahaan. Risiko yang dihitung mulai dari risiko tingginya tingkat klaim, mata uang, serta risiko lainnya. Semakin tinggi RBC yang dimiliki sebuah perusahaan asuransi, artinya semakin baik. Tanyakanlah kepada agen asuransi kita, berapa RBC saat ini dari perusahaan asuransi yang ditawarkan pada kita. cek angkanya harus lebih besar dari 125%.

  1. Cek ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Inilah cara yang paling cepat bisa kita lakukan dalam pengecekan perusahaan asuransi. Apakah perusahaan asuransi ini sedang dalam pengawasan oleh Pemerintah atau tidak. Carilah melalui internet dengan kata kunci misalnya : Perusahaan asuransi dalam pengawasan di tahun 2017. Nah, hasilnya bisa kita lihat, apakah perusahaan asuransi yang sedang ditawarkan pada kita masuk dalam daftar tersebut atau tidak. Memang, bukan berarti perusahaan asuransi yang masuk dalam list tersebut adalah perusahaan yang tidak baik, tapi hal ini bisa menjadi perhatian kita untuk berhati hati saat memilih.

  1. Kredibilitas perusahaan

Semakin lama perusahaan berjalan, artinya perusahaan tersebut sudah bisa melewati masa masa sulit dan menghadapi proses klaim dari klien kliennya. Semakin lama perusahaan sudah berdiri, artinya perusahaan ini sudah cukup lama bertahan dan beroperasi. Belum tentu selalu baik, tapi bisa menjadi salah satu kriteria untuk dipertimbangkan dalam pemilihan perusahaan asuransi buat kita. Tanyakan pada agen asuransi atau kita juga bisa cari melalui internet berapa lama perusahaan ini sudah berdiri. Sebaiknya kita memilih perusahaan yang sudah beroperasional lebih dari 5 tahun. (Tejasari CFP®/Redaksi, Photo: Istockphoto.com)

Shares