Pleasure

3 Hari di Edinburgh

By  | 

Liburan musim panas ini, saya dan keluarga main ke Ediburgh (baca: Edin-bra). Ternyata banyak juga ya, aktivitas yang bisa Anda dan keluarga lakukan di ibukota Skotlandia ini Mams, hingga 3 hari rasanya masih kurang. Yuk simak keseruan kami selama di Edinburgh…

Day 1:

Edinburgh Castle

edinburgh castle

Mungkin inilah atraksi turis terpopuler di Edinburgh. Benteng kuno raksasa ini duduk di bukit batu tinggi Castle Rock di jantung kota, tidak mungkin terlewatkan oleh mata. Anda bisa ikut tour guide atau berkeliling sendiri dengan audio guide. Coba cari The One O’clock Gunmeriam yang sampai hari ini masih ditembakkan setiap hari jam 1 siang (kecuali hari Minggu), St. Margaret’s Chapel – bangunan tertua se-Edinburgh yang dibangun pada abad ke-12, mahkota kerajaan dan batu-batu berharga di ruang The Honours of Scotland, atau ajak anak-anak mengintip kehidupan penjara era 1700-1800-an di Prisons of War. Dengan mudahnya Anda bisa menghabiskan setengah hari – atau lebih, hanya untuk berkeliling di kastil besar ini! (HTM: dewasa GBP 17, anak-anak GBP 10.20)

While you are in this area… Susuri The Royal Mile – jalan utama berbatu mengarah ke kastil, yang dipenuhi oleh bangunan bersejarah, city’s landmarks, restoran favorit, serta toko oleh-oleh.

Day 2:

Camera Obscura and World of Illusion

Camera Obscura1

Bangunan berisi kompilasi ilusi mata ini letaknya tak jauh dari Edinburgh Castle, di sebelah kiri jalan jika Anda membelakangi kastil. Cermin-cermin cekung-cembung di depan bangunan membuatnya mudah dikenali. Masih ingat ilusi gambar 3D yang untuk melihatnya Anda harus ‘memandang jauh’ ke gambar? Yes, itu ada juga di sini, beserta trik dan ilusi lain sebanyak 6 lantai (rumah kaca, terowongan berputar, bola listrik, dll). Anak-anak pasti suka! Oh ya, asyiknya lagi, tiket masuk berlaku seharian jadi Anda bisa masuk lagi di sore hari misalnya, setelah makan siang di tempat favorit Si Kecil. (HTM: dewas GBP 15, anak-anak GBP 11)

National Museum of Scotland

national museum 3

Museum ini adalah merger dari National Museum dan Royal Museum di tahun 2006, dan pada dasarnya merangkum koleksi barang-barang antik di Skotlandia, pengetahuan umum, kebudayaan dunia, benda-benda arkeologi yang di temukan di Skotlandia, serta art, technology, dan science. So basically… everything! Saya bahkan menemukan artefak asal Indonesia di salah satu ekhibisi lantai atas loh, Mams! Buat kami, tempat ini wajib dikunjungi karena ada kerangka T-Rex dan Luca (3tahun) tergila-gila dengan dinosaurus!

Selain galeri natural history – tempat T-Rex berada, ruang favorit anak-anak yang kedua adalah galeri science and technology, tempat koleksi mobil-mobil tua, pesawat terbang, dan robot-robot beraksi. Di ruang ini ada permainan mobil balap – dimana anak Anda bisa duduk di mobil balap ukuran sungguhan, dan tanding satu putaran di video game. Favorit Jamie (6.5 tahun)! (HTM: gratis, tapi disarankan mengisi kotak sumbangan.)

While you are in this area… Jika Anda fans Harry Potter, coba deh kunjungi The Elephant House yang hanya satu menit jalan kaki dari pintu masuk National Museum. Konon di ruang belakang kafe mungil inilah bab-bab awal Harry Potter ditulis oleh J.K Rowling dengan pemandangan Edinburgh Castle di depannya!

Day 3:

Edinburgh Zoo

zoo2

Inilah satu-satunya rumah bagi koala dan panda di seluruh Inggris Raya, Mams. Kebun binatang seluas 33 hektar ini dibangun di bukit Costorphine tahun 1913. Jadi, yep, sudah cukup tua, tapi untungnya masih sangat terawat. Beberapa area berupa interaksi bebas dengan hewan dimana kita berhadapan langsung tanpa pembatas, seperti lemur dan wallaby. Dua hewan asal Indonesia yang saya temukan di sini adalah harimau Sumatera dan Banteng. Coba cari tahu feeding time dan jadwal atraksi hewan-hewan di sini, Mams. Anak-anak pasti menyukainya! (HTM: dewasa 19GBP, anak-anak 14.55GBP, diskon khusus untuk pembelian tiket online. Silahkan tengok website resmi mereka.)

The Kelpies

kelpies1

Dalam dongeng rakyat Skotlandia, ‘kelpie’ adalah roh air yang mendiami sungai dan danau, seringkali berwujud kuda. Mengambil inspirasi dari kekuatan kuda air inilah nama ‘The Kelpies’ diambil. Selesai dibangun tahun 2013, dua patung kepala kuda setinggi 30 meter ini menjadi tujuan favorit baru bagi turis jauh maupun lokal. Patung raksasa yang terdiri dari lempengan baja stainless ini ada di Falkirk, sekitar 1 jam driving ke Barat dari Edinburgh. Selain ideal untuk berfoto karena panorama indah dan objek unik, anak-anak bisa puas berlarian, sekalian jajan es krim atau makan siang di lokasi ini.  (HTM: gratis + tiket parkir mobil GBP 3)

While you are here…  Mamas dengan krucils, jangan lewatkan kesempatan untuk bawa kesayangan Anda ke area bermain The Kelpies! Dari area patung, jalan saja ke arah Lagoon di Helix Park, Anda akan tiba di Adventure Zone – area bermain anak yang luas sekali. Selain itu ada Splash Play, dimana anak-anak bisa bermain dengan air sambil berlarian. Psst, pastikan Si Kecil bawa baju ganti ya, Mams! (Nina Addison/KR/Photo: Dok. Nina Addison)

Shares