Parenting

5 Popular TV Shows for Kids

By  | 

Di tengah serbuan tayangan digital seperti vlog yang dapat dinikmati melalui YouTube atau sosial media, keberadaan TV ternyata masih menjadi pertimbangan bagi para mama menyajikan tayangan edukatif yang berkualitas bagi putra & putri mereka, sekaligus sebagai media pembelajaran berbagai nilai positif kehidupan. 3 dari 5 mama setuju dengan pendapat ini. Nah, bagaimana dengan Anda?

Paw Patrol TV Series, Nick Jr.

Serial TV animasi yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2013 ini bercerita tentang petualangan seorang anak laki – laki bernama Ryder dan sekelompok anjing lucu yang menjadi penyelamat lingkungan di sekitar kota Adventure Bay. Ajak Si Kecil belajar mengenal abjad dan bermain games melalui tayangan YouTube yang telah disediakan juga oleh channel Nick Jr.!

Yang dapat mereka pelajari: Melalui tayangan ini, mamas dapat mengajarkan konsep menyayangi binatang, saling membantu antar sesama yang membutuhkan, hingga mengenalkan jenis – jenis hewan terutama karakteristik anjing peliharaan.

Sesame Street, HBO Kids

Perintis program edukasi anak yang tayang pertama kali di televisi Amerika Serikat sejak tahun 1969 ini masih bertahan hingga saat ini. Karakter binatang yang ditayangkan melalui Muppet dan dipandu oleh para aktor menjadikannya tayangan atraktif, yang mengangkat topik- topik general seperti penjelasan akan dunia, atau perbedaan warna kulit.

Yang dapat mereka pelajari: Anak – anak akan mendapatkan contoh kegiatan praktikal yang umum dilakukan sehari – hari, seperti membersihkan rumah dan mainan, memakai baju, atau bed time routine. 

Adit, Sopo, Jarwo, Trans TV

Serial animasi Indonesia yang diperankan oleh karakter utama seorang anak laki – laki berusia pra remaja bernama Adit, merupakan salah satu rekomendasi bagi anak – anak yang ingin mempelajari nilai – nilai kebaikan sekaligus keragaman berbudaya di tanah air. Cerita dalam setiap episodenya singkat dan padat, membuatnya mudah dimengerti dan diakhiri dengan pesan positif.

Yang dapat mereka pelajari: Mamas dapat menjelaskan tentang konsep kesederhanaan dan role model yang baik melalui tokoh Adit yang senang membantu sesama.

Upin & Ipin, Disney Channel

Serial TV animasi yang disiarkan sejak tahun 2007 di Malaysia ini pada awalnya merupakan tayangan untuk orangtua yang ingin memperkenalkan anak – anaknya kepada konsep Ramadhan. Namun dengan sambutan yang meriah tidak hanya di Malaysia namun juga di wilayah Asia, khususnya Indonesia, Upin & Ipin menjadi salah satu tayangan serial TV yang hingga saat ini dinanti kehadirannya oleh anak – anak. Kisah keseharian kedua anak kembar bersama teman – temannya dapat menjadi contoh kisah aktivitas di sekolah dan bersosialisasi.

Yang dapat mereka pelajari: Kedekatan budaya Indonesia & Malaysia, serta unsur agama yang dihadirkan di dalamnya dapat menjadi tools bagi para mama mengajarkan konsep kebaikan, keberanian, serta kekeluargaan.

Doc McStuffins, Disney Junior

Karakter bernama Dottie McStuffins yang ingin menjadi dokter seperti mamanya saat dewasa nanti membuatnya berimajinasi menyembuhkan berbagai macam penyakit melalui boneka – boneka lucu. Ditayangkan sejak tahun 2012, TV seri ini mendapatkan respon positif dari kalangan orang tua karena karakternya digambarkan melalui gadis dengan kulit hitam, yang sekaligus dapat menunjukkan konsep keberagaman.

Yang dapat mereka pelajari: Gambaran profesi dokter sebagai salah satu pilihan cita – cita di kemudian hari, konsep saling menolong terutama bagi mereka yang tidak mampu. serta mengenal karakteristik hewan melalui tokoh – tokohnya. (Nathalie Indry/KR/Photo/ Video: Various)

Shares