Education

8 Cara Agar Si Kecil Semangat Mengerjakan PR

By  | 

Memasuki tahun ajaran baru, Si Kecil mulai diberikan Pekerjaan Rumah (PR). Agar Si Kecil tetap semangat mengerjakannya, ada beberapa tip yang wajib Anda tahu, Mams.

 

Ketika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya. Tugas Andalah untuk membimbing dan mengarahkannya, bukan membantu sepenuhnya. Ajari anak menyelesaikan kesulitannya dengan berdiskusi. Berikut ini tip agar anak semangat mengerjakan PR.

1. Sediakan tempat belajar yang kondusif
Tempat untuk mengerjakan PR sebaiknya memiliki penerangan cukup dan tenang, tidak berisik, tidak ada gangguan televisi, anak-anak lain bermain, atau orang-orang berbicara di telepon.

2. Tetapkan waktu
Pilih waktu terbaik setelah anak melakukan aktivitas rutin, misalkan sore hari setelah selesai mandi sore atau sebelum jam 8 malam.

3. Tetapkan aturan
Pastikan Anda dan anak setuju pada waktu dan tempat yang ditetapkan.

4. Dampingi dan ciptakan suasana menyenangkan
Dampingi Si Kecil dan biarkan ia mengerjakan tugas dengan caranya sendiri. Ajak ia belajar bersama dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan membuat bagan, atau mind mapping.

5. Beri semangat
Jika Si Kecil mulai bosan,jJangan memarahinya tapi berilah dia semangat. Anda tidak boleh  putus asa untuk selalu memberikan motivasi.

6. Periksa kembali PR-nya
Minta agar ia selalu memeriksa kembali tugas yang sudah dikerjakannya. Agar ia terbiasa lebih teliti.

7. Berikan waktu istirahat dan camilan ringan
Jika Si Kecil terlihat jenuh dan lelah, jangan memaksanya. Agar konsentrasi tetap terjaga, sebaiknya jangan mengerjakan PR dalam keadaan perut lapar. Ajak ia makan atau sediakan kudapan ringan.

8. Hargai hasil pekerjaannya
Ketika Si Kecil selesai mengerjakan tugas, tidak ada salahnya untuk memuji hasil kerjanya. Jika ia merasa dihargai, pasti akan lebih semangat lagi belajar. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares