Mind

5 Trik Bilang ‘Tidak” Tanpa Merasa Bersalah

By  | 

Mamas, menolak ajakan atau tawaran seseorang memang seringkali membuat kita merasa tak enak. Karena takut nantinya merasa bersalah, Anda pun kadang dengan terpaksa menerima ajakan yang diberikan.

Berikut beberapa trik yang bisa Mamas lakukan ketika harus menolak tanpa harus merasa bersalah, dari Smart Mama.

  1. Say sorry. Sebenarnya, Anda tak perlu meminta maaf karena menolak sesuatu. Karena itu adalah hak Anda.  Namun untuk mengurangi rasa bersalah yang ada, Anda bisa memperlihatkan rasa penyesalan Anda dengan meminta maaf sebelum menolak.
  2. Say thank you. Setiap orang, termasuk Anda sendiri, tentunya akan senang bila usahanya dihargai. Karena itu, ucapkan terima kasih Anda karena telah ditawari sesuatu walaupun dengan sangat terpaksa Anda harus menolaknya.
  3. Pikirkan terlebih dahulu. Bila Anda merasa tak enak bila langsung menolak tawaran seseorang, maka Anda bisa mengatakan padanya kalau Anda akan memikirkan tawarannya terlebih dahulu. Walau sebenarnya Anda sudah tahu kalau Anda akan menolaknya, tapi setidaknya Anda bisa memikirkan alasan apa yang bisa Anda katakan padanya.
  4. Terpaksa cuek. Tentunya tak enak bila menolak ‘dagangan’ milik rekan kerja. Namun bila Anda memang tak membutuhkannya, tak ada alasan juga untuk membelinya. Jadi, cukup katakan ‘tidak, terimakasih’. Bila ia tetap gigih menawarkan barang ‘dagangannya’ tadi, sebaiknya Anda juga menunjukkan kegigihan Anda untuk terus menolaknya. Tak ada gunanya juga membeli sesuatu yang sama sekali tak Anda butuhkan bukan, Mamas?
  5. Jangan berbohong. Saran terakhir dari Smart Mama, adalah jangan berbohong. Selain Anda akan berdosa dan merasa bersalah. Nantinya Anda bisa terjebak dengan kebohongan Anda sendiri. Malu bukan bila ketahuan Anda berbohong? (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares