Health

Kalau Calon Mama tak Suka Minum Susu Ibu Hamil

By  | 

Tak semua orang suka minum susu. Walau begitu, saat hamil tentunya mamas to be disarankan untuk mengonsumsi susu guna menambah asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh bukan, Mams? Tapi bagaimana bila Anda sendiri tak begitu suka minum susu, apalagi susu ibu hamil yang rasanya berbeda dibandingkan susu biasa?

Manfaat Kalsium Bagi Calon Mama

Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan struktur tulang dan gigi janin. Kalsium pada tubuh calon mama banyak diserap oleh bayi selama kehamilan. Oleh sebab itu calon mama memerlukan cadangan kalsium yang tinggi supaya tidak mengalami keluhan kehamilan seperti pegal-pegal atau kesemutan yang seringkali mengganggu akibat kekurangan kalsium.

Mamas to be bisa memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan mengonsumsi beragam makanan sehat tinggi kalsium, suplemen, dan juga susu. Susu sendiri mengandung beragam nutrisi dan kalsium yang baik untuk tubuh. Sedangkan pada susu ibu hamil, selain mengandung beragam nutrisi yang ada pada susu biasa, susu khusus ibu hamil juga dilengkapi dengan zat nutrisi tambahan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti asam folat, AA dan DHA, serta ekstra kalsium.

 

Choice of vitamins

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Namun jika Anda tidak suka susu, suplemen tablet yang mengandung kalsium dan vitamin lain sebenarnya bisa menggantikan peran susu. “Walau begitu, perlu diingat juga jika penyerapan kalsium dari susu lebih baik daripada kalsium yang didapatkan dari suplemen. Oleh sebab itu sebaiknya susu tetap dikonsumsi 1 gelas per harinya oleh ibu hamil,” saran dr. Dinda Derdameisya, SpOG, dokter kandungan dari Brawijaya Women & Children Hospital.

Bisakah susu khusus ibu hamil diganti dengan susu lain?

Menurut dr. Dinda, susu yang diminum juga tidak selalu harus susu khusus ibu hamil. “Calon mama bisa minum susu UHT biasa untuk menggantikan susu khusus ibu hamil. Namun tetap penting bagi Anda untuk memperhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Misalkan susu cokelat pasti akan lebih banyak gula yang terkandung di dalamnya dibanding susu putih biasa.”

Seperti kita ketahui, rutin mengonsumsi makanan dan minuman, termasuk susu yang tinggi gula dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan mengakibatkan kenaikan berat badan berlebihan pada kehamilan.

Selain itu, dr. Dinda juga menambahkan bahwa calon mama diperbolehkan untuk mengonsumsi susu penambah kalsium untuk menggantikan suplemen kalsium. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto)

Shares