Mind

5 Rahasia Kehamilan Bahagia

By  | 

Berbagai jenis hormon dihasilkan selama masa kehamilan. Beberapa diantaranya membuat Anda merasa lebih tenang saat menghadapi persalinan (Baca: Mengenal Beragam Hormon Si Calon Mama). Tetapi, selain karena pengaruh hormon relaksasi, dapatkah kita mengusahakan kehamilan yang bahagia? 

1. Break dari ‘searching’. Tidak semua informasi kehamilan yang Mamas dapatkan melalui mesin pencari Google adalah benar, lho. Alih – alih memberikan ketenangan, berbagai informasi dari source yang tidak kredibel malah justru akan membebani pikiran Anda. Yuk luangkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktivitas googling. Otherwise, susun pertanyaan medis Anda untuk dokter kandungan yang akan ditemui.

I’m going to be a big sister

2. Bangun komunikasi dengan janin. Sejak usia 14 minggu, stimulasi pendengar bayi sudah bisa dilatih. Berbicara dengannya akan memaksimalkan potensi tersebut. Para ahli menyarankan Mamas to be untuk tidak hanya berbicara, namun juga menyanyikan lagu – lagu untuk menemaninya sepanjang hari.

3. Konsumsi makanan bernutrisi. Beberapa jenis makanan akan membantu meningkatkan mood Anda, lho! Misalnya, brokoli, kacang – kacangan atau salmon yang mengandung folic acid & vitamin B12 dinyatakan mampu mengurangi risiko penyakit syaraf dan terbukti memperbaiki mood buruk.

4. Menerima perubahan diri. Tidak hanya mengusahakan penerimaan perubahan bentuk tubuh, fokuskan pada afirmasi positif yang akan membantu Anda melalui masa kehamilan dengan lancar, tanpa hambatan. Dalam bukunya “The Art of Happiness”, psikolog Howard C. Cutler, MD mengungkapkan bahwa kebahagiaan adalah hasil dari latihan yang dilakukan secara terus – menerus. “Usahakan untuk selalu melihat segala sesuatunya dari sudut pandang positif,” ujarnya.

Pregnant Woman Prenatal Hand Massage

5. Perawatan tubuh. Invest in your skin. Tentu saja Anda perlu melihat secara nyata perubahan ‘positif’ yang dirasakan selama proses kehamilan berlangsung. Kulit yang sehat akan membuat Anda merasa lebih baik. Jika tidak sempat meluangkan waktu untuk pregnancy spa, manfaatkan produk dari bahan – bahan alami seperti cocoa butter untuk menjaga kesehatan kulit dari efek stretch marks, dan menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Have a happy and healthy pregnancy, dear Mamas to be! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares