Health

Rebecca Cannon Memperingatkan Para Mama akan Bahaya Sunscreen Berbahan Aerosol

By  | 

Kulit Si Kecil juga perlu dilindungi dari bahaya sinar UV. Terutama saat ia sedang bermain di luar ruangan yang langsung terpapar oleh panasnya sinar matahari. Walau begitu, tak semua sunscreen diperuntukkan bagi bayi – batita. Bahkan, meski di kemasan tertulis aman bagi bayi sekalipun, Mamas tetap perlu berhati-hati.

Rebecca Cannon, mama dari bayi perempuan bernama Kyla, 14 bulan, mengaku bahwa dirinya sudah mengikuti petunjuk penggunaan sunscreen seperti yang tertera di kemasan. Disitu tertera kalau sunscreen berbentuk spray tersebut aman digunakan bagi bayi usia 6 bulan ke atas. Di kemasan juga tertulis kalau sunscreen tersebut dapat diaplikasikan di wajah, setelah sebelumnya disarankan agar sunblock tersebut disemprotkan ke tangan, baru kemudian bisa diusapkan ke kulit lainnya. Namun, kendati Rebecca sudah mengikuti instruksi yang diberikan, Kyla masih juga harus mengalami hal yang menyakitkan, karena tak lama setelah menggunakan sunscreen tersebut, ia mengalami luka bakar tepat diwajahnya.

 

36036d6d0721ad6c_18403382_10158998207335144_764993196013152336_n

 

Rebecca mengunggah foto Kyla yang mengalami luka melepuh pada wajahnya di akun sosial media Facebook miliknya, disertai dengan peringatan bagi para orangtua lainnya untuk lebih berhati-hati.

“Kyla baru saja kembali ke rumah setelah menjalani pemeriksaan yang kesekian kalinya di rumah sakit akibat pembengkakan yang ekstrem di wajahnya. Tapi dia baik-baik saja dan tetap bersemangat. Mohon agar para orangtua lebih memperhatikan dan berhati-hati saat menggunakan tabir surya berbahan aerosol! Saya telah melakukan banyak penelitian sejak pulang ke rumah dan telah menemukan sejumlah kasus serupa seperti halnya kasus yang kami alami. Saya tidak tahu mengapa produk tersebut tidak disingkirkan dari rak (display toko)!! Hati-hati – tabir surya yang digunakan adalah tabir surya Banana Boat SPF 50 broad spectrum kids sunscreen. Saya telah berbicara dengan pihak Banana Boat dan sampai dengan saat ini, selain penggantian untuk produk, tidak terlihat tindakan lain yang akan mereka lakukan terkait hal ini.

 

990267c05bd7357b_18301303_10158998207220144_6021624552084344908_n

 

Rebecca juga mengatakan kalau pada saat kejadian, Kyla bahkan belum sedikitpun terpapar sinar matahari namun ia tetap mengalami luka bakar pada wajahnya. “Saya hanya ingin agar orang tua berhati-hati terhadap apa yang mereka lakukan pada anak-anak mereka,” ujarnya pada POPSUGAR. “Di bagian belakang botol itu dikatakan aman untuk digunakan pada semua umur kecuali anak di bawah usia 6 bulan,” tambahnya.

Untungnya, luka bakar Kyla mulai memudar saat ini dan Kyla juga sudah terlihat lebih baik setiap harinya. Jika Anda khawatir dengan tabir surya Si Kecil, lihat panduan untuk tabir surya yang aman untuk bayi dan anak-anak sebelum pergi ke luar rumah atau konsultasikan pada dokter anak Si Kecil terlebih dahulu ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Rebecca Cannon, Istockphoto.com)

Shares