Education

Apa Manfaat Bermain Game Online di Gadget ?

By  | 

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, penggunaan gadget seolah menjadi bagian tak terpisahkan dalam keseharian. Tak hanya Anda, balita pun kini sudah mulai mengenal gadget dan menggunakannya untuk belajar atau sekadar bermain game. Lalu, adakah manfaat bermain online di gadget?

  • Melatih kemampuan motorik halus dan kasar. Kini aplikasi dan permainan anak online semakin beragam dan menarik. Tak hanya menghibur si Kecil, beberapa aplikasi juga bisa dijadikan sarana belajar mengenal huruf, warna, angka, buah-buahan, dan sebagainya. Meski begitu, ada fakta yang tak bisa dipungkiri, secanggih apa pun games di gadget,  tak akan bisa mengakomodasi Si Kecil melatih kemampuan motorik halus serta motorik kasarnya. Latih motorik anak dengan mengajaknya melakukan beragam permainan, seperti menyusun puzzle atau manik-manik, bermain masak-masakan, menari, bermain bola, bermain lompat tali, dan sebagainya.
  • Belajar mengontrol emosi. Saat bermain games di gadget maupun secara langsung, Si Kecil belajar mengalami kegagalan. Nah, dari situ, secara tak langsung ia belajar bahwa tidak semua hal bisa berjalan lancar hanya dengan sekali percobaan. Tak hanya itu, ia juga belajar cara mengontrol emosi, terutama rasa kecewa.
  • Belajar Bersosialisasi. Saat bermain secara langsung dan tidak melulu terpaku pada gadget, Si Kecil akan belajar cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar, terutama teman-teman sepermainannya. Selama permainan, Si Kecil akan belajar aneka keterampilan sosial, seperti berkomunikasi, bekerja sama, bernegosiasi, berbagi, menyelesaikan konflik, dan hal penting lainnya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares