Health

Kaitan Vitamin D dan Rasa Sakit Saat Persalinan

By  | 

Mams, sudahkah Anda memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin D? KArena, tak hanya baik bagi janin saja, ternyata vitamin D juga sangat dibutuhkan oleh Anda, Si Calon Mama.

Mengapa Vitamin D Penting bagi Mama?  

Sebuah riset menunjukkan bahwa calon mama yang kekurangan vitamin D akan mengalami persalinan yang lebih menyakitkan. Riset ini melibatkan 93 orang ibu hamil yang meminta obat penghilang rasa sakit jenis epidural selama proses persalinan. Para peneliti mengukur kadar vitamin D dalam tubuh para calon mama ini dan mencatat siapa saja ibu yang membutuhkan lebih banyak epidural.

Dari hasil riset tersebut, ahli itu kemudian mengungkapkan fakta para bahwa ibu yang memiliki kadar vitamin D rendah yang paling banyak membutuhkan obat penghilang rasa sakit. “Kami mendapati bahwa pasien dengan kadar vitamin D rendah, mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan. Karena itu, usaha preventif dan treatment vitamin D pada ibu hamil kemungkinan dapat menimbulkan dampak signifikan penurunan tingkat nyeri saat persalinan,” tutur Dr. Andrew Geller, salah satu ahli dalam riset tersebut pada pertemuan tahunan American Society of Anesthesiologists.

 

Beautiful pregnant woman at home

 

Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Vitamin D bagi Tubuh?

Dokter kandungan biasanya akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Walau begitu, Mamas to be tetap bisa mendapatkan sumber vitamin D alami yang sebenarnya mudah didapatkan. Sumber vitamin D alami tersebut di antaranya adalah ikan, telur, susu, dan sebagainya. Selain dari makanan, Mamas juga bisa mendapatkan vitamin D dengan berjalan-jalan di pagi hari karena sumber vitamin D terbesar berasal dari sinar matahari pagi yang menyehatkan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares