Health

Tip untuk Meningkatkan Produksi ASI Mama

By  | 

Sangat penting bagi mama menyusui untuk dapat memenuhi kebutuhan ASI bayinya. Jangan sampai karena beragam alasan, produksi ASI mama jadi berkurang.

Banyak penyebab baik faktor internal ataupun eksternal turut memengaruhi produksi ASI mama, terutama karena tingkat stress yang tinggi. Oleh sebab itu, jauhi stres ya, Mams! Karena itu jutru akan membuat produksi ASI Anda menurun. (Baca: Manajemen Stres Kunci Keberhasilan Menyusui).

Selain manajemen stres, ada beberapa tip lain yang akan Smart Mama share ke para Mamas yang sedang menyusui agar produksi ASI-nya meningkat, yaitu:

  • Pastikan posisi pelekatan benar. Bayi yang melekat dengan baik saat menyusu dapat menstimulasi produksi ASI.
  • Frekuensi menyusui. Perbanyak frekuensi menyusui dan biasakan untuk selalu mengosongkan payudara Anda. Cara ini akan merangsang payudara untuk terus memproduksi ASI.

Manual breast pump and mother feeding a newborn baby

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Perah ASI. Ketika bayi Anda sedang tidur atau sedang tak mau menyusu, maka mama tetap bisa mengeluarkan ASI dengan memerahnya menggunakan tangan atau menggunakan breast pump. ASI perah bisa Mamas simpan di lemari pendingin untuk kemudian diberikan pada Si Kecil. Membiarkan payudara penuh tanpa mengeluarkan ASI selain akan membuat payudara bengkak, produksi ASI juga bisa menurun lho, Mams!
  • Perbanyak menyusui di malam hari. Kadar prolaktin (hormon yang memproduksi ASI) akan meningkat di malam hari. Karena itu, manfaatkan kondisi ini untuk menyusui Si Kecil.
  • Pijat payudara. Pijat payudara akan melancarkan peredaran darah dan juga saluran ASI. Kalau produksi ASI Anda lancar, payudara akan terpicu untuk menghasilkan lebih banyak ASI lagi. Selain itu, pijat payudara juga ampuh untuk mencegah dan meredakan pembengkakan atau mastitis yang biasanya terjadi ketika menyusui. Lakukan setiap hari di waktu senggang ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Doc. Istockphoto.com)

Shares