Health

Mengapa Calon Mama Mudah Mengantuk?

By  | 

Mamas to be, apakah Anda seringkali merasa mudah mengantuk? Kondisi ini memang cukup mengganggu ya Mams? Terutama bagi mamas to be yang harus menahan kantuk saat di kantor. Namun tak perlu khawatir, kondisi ini cukup wajar kok dialami oleh calon mama.

Penyebab Mudah Mengantuk

Lagi-lagi perubahan hormonlah yang jadi penyebabnya. Pada awal kehamilan, hormon progesteron akan meningkat dan pada saat itu pula fetus berkembang membentuk organ-organ tubuh. Hal inilah yang membuat calon mama jadi cepat lelah dan selalu mengantuk, bahkan lebih dari biasanya. Dan tak hanya mudah mengantuk saja, Mamas to be juga bisa mengalami gangguan tidur lainnya seperti insomnia, dan restless leg syndrome.

“Calon mama akan mudah merasakan lemas karena kurangnya energi dan berusaha mengatasinya dengan memperbanyak tidur. Lesu dan lelah yang luar biasa umum dirasakan akibat meningkatnya progesteron. Hormon ini sebenarnya diperlukan untuk mempertahankan kehamilan, tapi juga menyebabkan kantuk dan membuat Anda selalu ingin tidur,” urai Kathryn A. Lee, R.N., Ph.D., profesor di bidang keperawatan dari University of California, San Francisco, AS.

Namun ketika memasuki trimester kedua, hormon di tubuh calon mama akan mulai stabil sehingga biasanya calon mama akan merasa lebih berenergi dan tidak lagi mengantuk berlebihan.

Walau begitu, ketika memasuki trimester ketiga, calon mama biasanya akan mulai mengalami ketidaknyamanan karena kandungannya yang semakin membesar dan pertumbuhan janin yang pesat, sehingga membuatnya sulit tidur nyenyak di malam hari. Akibatnya calon mama kembali mudah merasa lelah dan mengantuk di siang hari.

 

Sleeping pregnant woman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Solusinya

Bila sebelum hamil Anda mengatasi kantuk dengan minum kopi, namun saat hamil, Smart Mama menyarankan Anda untuk menjauhi kopi. Karena, baik kopi ataupun soft drinks, hanya dapat menghalau kantuk sementara.

Solusi terbaik adalah tetap menjaga agar waktu istirahat Anda cukup. Selain itu, Mamas to be juga dapat mengonsumsi camilan sehat yang dapat menjaga tubuh tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

Jika Mamas to be masih juga terus-menerus merasa lesu, letih, dan juga mengantuk, konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda. Bisa saja Mamas ternyata menderita anemia. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares