Career

5 Perusahaan yang Memiliki Kebijakan Parental Leave Bagi para Calon Papa

By  | 

Saat ini banyak perusahaan besar yang menyadari pentingnya kehadiran orangtua, tak hanya mama tapi juga papa, dalam masa awal pertumbuhan anak. Berdasarkan kondisi ini, situs Fatherly kemudian mengadakan sebuah riset tentang perusahaan-perusahaan yang pro kepada calon ayah. Dari hasil riset tersebut didapatlah 5 perusahaan yang memiliki kebijakan cuti bagi para bagi calon papa. Namun sayangnya, kelima perusahaan ini berlokasi di Amerika dan Eropa. Di Indonesia? Semoga dalam waktu dekat kebijakan ini bisa dirasakan oleh para calon papa di Indonesia ya, Mams. Berikut beberapa perusahaan tersebut:

1. Netflix

Meskipun kebijakan cuti melahirkan ini belum lama dicanangkan oleh Netflix, namun tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini memberikan waktu cuti hingga setahun lamanya pada calon ayah. Yang menggembirakan lagi, meskipun sedang cuti melahirkan, para papa baru ini tetap menikmati gaji mereka tanpa potongan!

2. Spotify

Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi ini juga memiliki kebijakan cuti melahirkan bagi calon papa yang fleksibel. Mereka diberikan waktu cuti hingga 24 minggu, yang dapat diambil kapan saja dalam kurun waktu 3 tahun pertama. Selain itu, perusahaan ini juga mempunyai program “Welcome Back!” yang bisa dimanfaatkan oleh calon papa untuk bekerja secara telecommuting, di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja dapat digantikan dengan hubungan telekomunikasi.

 

Mark Zuckerberg diaper duty.

Mark Zuckerberg diaper duty.

 

3. Facebook

Facebook diketahui telah lama memperkenalkan kebijakan cuti melahirkan bagi calon papa. Bahkan sang pendiri, Mark Zuckerberg pun juga menggunakan fasilitas cuti tersebut saat anaknya lahir. Facebook memberikan cuti hingga 17 minggu bagi calon papa, serta kompensasi hingga 4000 dolar sebagai new child benefit.

4. Patagonia

Bergerak di bidang retail, perusahaan yang berlokasi di Amerika ini juga menerapkan kebijakan cuti bagi para calon papa. Selain memberikan waktu cuti hingga 14 minggu bagi para calon papa, Patagonia juga menyediakan layanan child care profesional di kantor mereka!

5. Google

Satu lagi perusahaan teknologi yang memerhatikan kebutuhan para karyawannya. Bagi calon papa yang bekerja di Google, tak hanya mendapatkan waktu cuti selama 12 minggu, mereka juga bisa mendapatkan konsultasi gratis untuk memilih nanny dan child care yang sesuai untuk anak-anak mereka.

Hmm.. Tentunya akan sangat menyenangkan kalau semua kantor di Indonesia memiliki kebijakan parental leave ini ya, Mams? Apalagi bila fasilitas child care dan juga ruang menyusui juga tersedia di setiap kantor, tentunya kesejahteraan karyawan dan anak-anaknya akan bisa lebih baik lagi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares