Mind

5 Cara Agar Kehamilan Single Mama Berjalan Lancar

By  | 

Dalam kehidupan semua bisa saja terjadi ya, Mams. Meskipun idealnya para calon mama menjalani kehamilan bersama pasangan, beberapa mama harus menjalaninya seorang diri. Tentu saja hal tersebut bukan perkara mudah, namun semuanya tetap bisa berjalan lancar, kok, yuk simak 5 tip berikut.

1. Dekatkan diri Anda dengan teman dan keluarga. Absennya si calon papa bukan berarti Anda harus menjalani kehamilan benar-benar sendirian. Dekatkan diri Anda dengan keluarga dan teman, apapun alasan ketidakhadiran calon papa tak perlu membuat Anda malu. Ceritakan saja secara jujur, teman sejati dan keluarga pasti akan tetap berada di dekat Anda. Selain mengurangi rasa cemas menjalani proses kehamilan, kedekatan ini juga membuat Anda tidak terlalu merasa sendirian.

2. Bawa teman saat kontrol ke dokter. Informasi seputar kehamilan Anda wajib untuk diketahui oleh orang terdekat. Jika terjadi sesuatu, maka ada teman yang betul-betul mengetahui kondisi Anda, sehingga tahu persis harus meminta bantuan kemana.

Yoga class for pregnant woman

3. Percaya diri. Smart Mama mengerti, menjalani kehamilan seorang diri tentu sangat sulit. Namun demikian, Anda harus percaya diri bahwa Anda bisa melewatinya. Dan berpikir positif bahwa sebentar lagi Anda memiliki sahabat untuk menemani Anda menjalani hidup ke depannya, yakni Si Kecil.

4. Perbanyak rileks. Calon mama memang dilarang stres, oleh karena itu perbanyak aktivitas yang membuat Anda lebih rileks. Apalagi kondisi Anda sangat rentan terhadap stres dan depresi. Yoga, hang out bersama teman, spa, dan mendengarkan musik bisa dijadikan pilihan untuk membuat pikiran Anda lebih tenang.

5. Persiapan matang. Catat semua keperluan Anda saat proses persalinan hingga si Kecil lahir nantinya. Termasuk biaya persalinan dan membeli kebutuhan Si Kecil, jangan lupa hitung juga biaya emergency. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan segala kebutuhan Si Kecil sejak jauh hari termasuk nanny, agar nantinya paska melahirkan Anda tidak terlalu repot. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares