Pleasure

Labuan Bajo, Pulau Eksotik di Nusa Tenggara Timur

By  | 

Spot wisata tersohor dari Nusa Tenggara Timur ini termasuk mahal. Terlebih apabila Anda datang dari luar pulau, di mana ongkos akomodasi begitu tinggi. Nah untuk Anda yang merencanakan backpackeran ke pulau eksotis satu ini,  banyak strategi agar liburan Anda bersama keluarga nyaman, aman serta maksimal. Berikut ini adalah tip liburan hemat ke pulau komodo

1. Alternatif transportasi murah.
Ini merupakan langkah awal tips liburan hemat ke pulau komodo. Ada 2 cara akses menuju Pulau Komodo yaitu melalui Labuan Bajo, Flores atau dari Lombok. Secara ongkos transport melalui Lombok lebih murah, tetapi perlu saat satu hari semalam untuk tiba di tujuan. Dan dari Labuan Bajo 2-5 jam perjalanan. Ongkos sewa kapal dari Labuan Bajo sekitar diatas Rp 2 juta untuk kemampuan 5-10 orang. Harga bakal jadi tambah bila kemampuan semakin banyak. Apabila Anda backpackeran sendiri atau bareng rombongan kecil, tidak mesti sewa kapal. Anda bisa mencari saja armada untuk menyeberang ke Pulau Komodo dengan tarif murah.

IMG-20121031-00192
Langkah yang lain dapat mencari agen travel di Labuan Bajo. Jumlahnya cukup banyak serta dapat diketemukan. Kerjakan perbandingan harga hingga temukan paket perjalanan paling murah. Menurut beberapa backpacker, saat paling baik untuk ajukan pertanyaan adalah sore sampai malam. Argumennya anda dapat bergabung dengan yang lain untuk berbagi harga.

2. Tentukan penginapan homestay untuk menghemat biaya.
Sebagai destinasi unggulan penginapan di Pulau Komodo cukup mencukupi. Anda dapat pilih hotel sampai homestay. Tetapi, apabila ide backpackeran begitu dianjurkan mencari penginapan homestay yang tambah lebih murah. Alternatif lain, anda dapat juga bermalam di Labuan Bajo. Disana agak banyak hotel yang menawarkan tarif murah per malam. Tetapi dengan cara harga, homestay tetaplah yang paling irit di biaya. Sebatas info, apabila anda menyewa kapal umumnya telah sepaket dengan penginapan. Kapal jenis Live on Board didesain sedemikian rupa untuk memberi sarana serta kenyamanan. harga penyewaan bergantung kemampuan penumpang serta lamanya perjalanan.

3. Teliti tersedianya transport serta penginapan lebih dulu.
Perlu  beberapa waktu untuk menjelajah pulau unik satu ini. Waktu musim berlibur banyak wisatawan datang serta umumnya kesusahan mendapatkan penginapan. Jadi, dianjurkan Anda melihat ketersediaannya dan memesannya lebih awal.

4. Aktivitas dan spot menarik.
Sesampainya di tempat wisata banyak kesibukan menarik yang layak Anda coba. Dari mulai lihat habitat binatang purba komodo lebih dekat di Pulau Komodo serta Pulau Rinca. Masing-masing pulau miliki kekhasan serta paling banyak disukai wisatawan. Biasanya tiket masuk wisata satu paket dengan perjalanan. Oya, perhatikan panduan ke Pulau Komodo yang aman. Salah satunya, jangan memisahkan diri dari rombongan waktu lihat kadal raksasa ini. Jangan melambaikan benda apa pun serta lari bila didekati komodo. Tidak menggunakan aroma menyengat serta ada banyak lagi. Patuhi intruksi dari ranger untuk keamanan serta kenyamanan.

img_0843-2

Sesudah senang berjumpa Komodo, Anda dapat lakukan wisata pantai. Anda dapat berburu panorama memikat di daratan ataupun dasar laut. Snorkeling, diving, menjelajah pantai-pantai atau bermalas-malasan di pinggirannya mungkin saja keseruan sendiri. Satu diantara pantai yang terkenal namanya adalah pink beach. Untuk Anda yang menyukai trekking, ada 4 jalur trekking yang dapat diambil. Dari mulai jalur short, medium, long sampai adventure dengan panjang keseluruhan sekitaran 1-8 km. Anda juga dapat menjelajah pulau-pulau paling dekat seperti Loh Buaya atau Pulau Padar. Memancing, kano, hiking serta camping juga dpat jadi pilihan menarik. Menurut beberapa backpacker, minimum perlu saat 3 hari untuk mengeksplore pesona keindahan objek wisata ini. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares