Interior Design

Tip Merawat Lantai Hardwood

By  | 

Penggunaan lantai kayu yang terbuat dari hardwood selain terlihat elegan, juga dapat membawa suasana yang hangat di di kediaman Anda. Dengan perawatan yang tepat, hardwood bisa awet hingga bertahun-tahun lho, Mams!

Berikut tip dari Smart Mama bagaimana cara tepat untuk membersihkan lantai hardwood: 

Bersihkan debu, bulu hewan, dan kotoran lainnya yang bisa menggores lantai dengan menggunakan pel atau vacuum dengan menjalankannya lurus seperti menggunakan alat pemotong rumput. Pel lantai tidak boleh basah ya, Mams, cukup lembab saja. Hindari pula memberi terlalu banyak cairan di lantai karena pel yang terlalu basah oleh air dapat merusak lantai.
Young Woman Cleaning Floor

 

Agar lantai lebih awet, gunakan cairan pembersih khusus lantai hardwood. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian. Bila Anda kesulitan mendapatkan cairan pembersih tersebut, Anda juga bisa kok membuat sendiri cairan pembersih ini, Mams. Campur cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:10. Agar cairan lebih wangi, tambahkan beberapa tetes sabun. Anda juga bisa menggunakan air mendidih dan 2 kantong teh untuk membersihkan lantai hardwood. Kenapa teh? Karena asam tannic dalam teh dapat menciptakan kilau yang indah. Didihkan 2 kantong teh selama beberapa menit, lalu tuangkan teh ke dalam ember. Ambil kain lembut dan peras di larutan the lalu pel lantai dengan cairan teh tadi.

Untuk mencegah kotoran pada lantai yang baru dibersihkan, letakkan keset di dalam dan luar pintu untuk mengurangi kotoran dan kelembaban pada lantai. Untuk menghindari goresan akibat furniture, gunakan pelindung lantai di bagian bawah perabotan Anda seperti karpet misalnya. (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com)

Shares