Beauty & Style

Konsumsi Buah dan Sayur, Agar Wajah Fresh Saat Hamil

By  | 

Saat hamil, mengonsumsi buah dan sayur tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, juga untuk menjaga kulit wajah senantiasa cerah dan bersinar. Makanan sehat untuk kulit yang paling mudah ditemukan ada pada beberapa buah dan sayuran berikut ini.

Buah Anggur
Salah satu buah yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit adalah buah anggur. Buah anggur dipercaya bisa menyehatkan kulit karena mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan tinggi pada buah anggur bisa digunakan untuk melembabkan kulit, melindungi dari radikal bebas dan juga menghindari penuaan dini. Tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, biji anggur juga memiliki manfaat untuk mengurangi infeksi kulit karena macam-macam penyakit kulit.

Melon
Melon memiliki rasa segar sebab mengandung banyak air. Buah melon bisa menyehatkan kulit karena kandungan airnya yang tinggi dan bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat kulit kering dan mudah keriput. Melon juga kaya akan antioksidan sehingga dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas tersebut bisa merusak jaringan kulit sehingga kulit akan terlihat kusam, tidak bercahaya dan resiko kanker kulit pun bisa terjadi.

Tomat
Tomat merupakan sayuran dan bumbu dapur yang mengandung banyak manfaat. Di dalam sayuran tomat banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menyehatkan mata. Tomat juga mengandung likopen dimana likopen tersebut bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Buah Delima
Buah lainnya adalah,  buah delima. Saat ini ekstrak buah delima banyak digunakan sebagai minuman untuk kesehatan dan kecantikan. Buah delima sangat kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sayur Brokoli
Di dalam brokoli terdapat kandungan antioksidan tinggi, buah yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E dan vitamin K. Semua vitamin dan nutrisi yang ada pada brokoli berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap cerah dan bercahaya. Agar mendapatkan khasiat penuh dari brokoli ini, cara memasaknya pun harus benar. Cara memasak brokoli yang tepat adalah sebagai berikut ini :

Dikukus selama 5 menit dengan air yang mendidih
Direbus dengan air yang mendidih selama 3 menit
Usahakan brokoli tetap renyah selama dimakan

Wortel
Wortel merupakan sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.  Wortel daridulu dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi yang baik.  Di dalam wortel terdapat nutrisi seperti makanan yang mengandung vitamin A, magnesium, beta karoten, antioksidan dan jvitamin C. Vitamin C pada wortel bisa mencegah kulit dari kekeringan. Antioksidan pada wortel bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menangkal berbagai macam masalah kulit akibat radikal bebas.
Salad Sayur dengan Minyak Zaitun
Membuat salad sayur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan ditetesi dengan dua sendok minyak zaitun murni bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Hal itu dikarenakan nutrisi pada sayur bercampur dengan kandungan asam oleat pada minyak zaitun murni. Manfaatnya untuk kulit adalah menjaga kekencangan kulit, mencegah kulit dari peradangan dan juga melembabkan kulit.(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares