Mind

Agar Calon Mama Tetap Nyaman Saat Mudik

By  | 

Mempersiapkan libur lebaran bagi Anda yang kini tengah mengandung memang tidak semudah yang dibayangkan, ya.. selain tetap harus memantau kondisi kesehatan, (Baca: Tip Mudik dengan Aman Bagi Calon Mama), mamas to be disarankan untuk tetap merasa ‘positif’ dan nyaman menikmati perjalanan. Bagaimana caranya?

1. Pantau rute mudik

Persiapan ekstra dibutuhkan bagi Anda dan keluarga yang melakukan perjalanan darat. Pastikan sudah mengetahui lokasi rest area atau menyediakan waktu ekstra bermalam di sebuah hotel untuk menghindari efek kelelahan ya, Mams.

2. Ciptakan ruang nyaman

Akan menempuh perjalanan jauh dengan mobil? Yuk mulai pikirkan untuk menyediakan ruang khusus bagi Anda yang membutuhkan waktu istirahat ekstra. Bawa serta selimut, alas tidur, dan bantal hamil; ingat selalu untuk menghindari tidur dalam posisi telentang karena tekanan pada pembuluh darah dapat menghambat peredaran darah ke janin. (Baca: Tidur Telentang Saat Hamil dapat Membahayakan Janin)

Travelling while pregnant

3. Relaksasi

Tidak hanya dengan melakukan gerakan stretching saat duduk (Baca: 4 Gerakan Stretching untuk Mamas to Be), bermeditasi atau melakukan aktivitas yang Anda suka bisa membantu mengurangi efek ketegangan pikiran selama perjalanan. Download film – film favorit dan pastikan Anda dan pasangan mendengarkan musik dan menyediakan aromatherapy, ya!

4. Komunikasi

Rencana perjalanan mudik sebaiknya dilakukan sematang mungkin, terutama dari sisi psikologis. Komunikasikan dengan pasangan dan dokter saat berkonsultasi tentang gangguan yang sering Anda rasakan selama ini. Komunikasi yang baik dengan pasangan akan membangun hubungan dan menciptakan pikiran positif, khususnya bagi Anda.

Future parents making a selfie

5. Fun thing to do, photo shoot!

Melakukan perjalanan lintas kota, tentu akan melahirkan inspirasi dan ide baru untuk mengabadikan momen kehamilan. Cari tahu dan rencanakan sesi foto kehamilan sederhana pada lokasi wisata/iconic yang akan Anda lalui (Baca: Maternity Photo Inspiration). So, relax, and be happy! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares