Education

Membuat Kerajinan Tangan di Bulan Puasa

By  | 

Ya, Ramadan adalah  bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim. Tidak terkecuali bagi Si Kecil yang sedang belajar untuk berpuasa seharian penuh. Pada bulan Ramadan yang bertepatan dengan libur kenaikan kelas kali ini, ia punyai banyak waktu bermain sembari menunggu adzan Maghrib untuk berbuka puasa. Sebaiknya, pilih permainan anak yang tidak terlalu menguras tenaga agar tetap kuat melanjutkan puasanya tanpa harus kehilangan waktu dan aktivitas bermain. Apa yang bisa dilakukan Si Kecil? Ajak ia untuk membuat kerajinan tangan yuk!

Permainan ini yang bisa dilakukan dilakukan Si Kecil sambil duduk manis di dalam ruangan ini berguna untuk mengasah kreativitas dan bakat seninya. Berikut, beberapa ide-ide seni kerajinan tangan yang bisa ia kerjakan selama bulan puasa ini:

Membuat kalender edisi Ramadan
Si Kecil dapat membuat kalender khusus untuk bulan Ramadan yang berfungsi untuk menandai waktu berpuasa mereka. Jika ia berhasil berpuasa satu hari penuh, beri tanda bintang di tanggal tersebut. Namun, apabila puasa hanya dilakukan dalam waktu setengah hari, berikan gambar bulan sabit untuk menandainya. Agar lebih menarik, buat desain kalender dengan hiasan ketupat, bintang dan bulan di sekitarnya.

Hiasan kamar bertema Ramadan
Bulan Ramadan identik dengan ornamen-ornamen ketupat, bintang dan bulan. ajak Si Kecil untuk berkreasi dengan ornamen tersebut sebagai hiasan di kamarnya. Dalam kegiatan ini, Si Kecil bisa bermain sambil berkreasi. Jika ia sudah berhasil membuat ketiga ornamen tersebut, beri tantangan lainnya seperti membuat gambar miniatur masjid sesuai dengan kreasi mereka.

Mozaik
Membuat mozaik bisa menjadi permainan anak yang menyenangkan. Apalagi bila Anda turut berperan serta untuk bermain bersamanya. Pertama-tama gunting kertas berbentuk masjid yang lengkap dengan kubahnya. Kemudian gunting bentuk masjid tersebut secara acak. Lalu, beri instruksi pada si Kecil untuk menyusun potongan kertas yang teracak itu sampai menjadi bentuk masjid. Agar permainan anakselama bulan puasa ini menjadi lebih seru, undang beberapa teman atau sepupu yang seusia  untuk bermain bersama di rumah. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares