Interior Design

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lemari Pakaian

By  | 

Saat memilih furnitur untuk melengkapi isi rumah, furnitur apa yang menurut Anda harus dipilih dengan cermat? Bila jawaban Anda adalah lemari pakaian, maka Smart Mama setuju dengan pendapat Anda.

Memilih lemari pakaian sesuai dengan kebutuhan memang bukan perkara mudah, terutama di tengah kesibukan pindah rumah atau apartemen. Karena, lemari pakaian ini belum tentu hanya Anda gunakan untuk menyimpan pakaian saja, namun juga tas, atau bahkan sepatu. Belum lagi jenis pakaian Anda yang beragam, sehingga penyimpanannya pun juga berbeda. Seperti gaun yang harus digantung, dan pakaian lainnya yang harus dilipat.

Karena itu, selain harganya, ada 4 hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih furnitur yang satu ini. Berikut penjelasannya:

1. Ukuran lemari. Tak hanya memilih lemari berdasarkan kebutuhan barang yang akan disimpan didalamnya, namun Anda juga harus memperhitungkan ukuran lemari tersebut. Sesuaikan dengan ukuran kamar Anda yang juga harus diisi dengan tempat tidur dan furnitur lainnya. Jangan sampai lemari tersebut menghabiskan banyak area di kamar tidur Anda sehingga membuat kamar jadi terlihat sempit. Selain itu, sesuaikan pula ukuran lemari dengan pintu kamar Anda, jangan sampai lemari tersebut tak muat masuk ke dalam kamar tidur Anda.

2. Material Lemari. Lemari pakaian termasuk dalam kategori furnitur dengan pemakaian jangka panjang. Karena itu, pastikan lemari pakaian Anda terbuat dari bahan berkualitas yang tak mudah lapuk dimakan rayap atau udara yang lembab.

clothes hanging on rail in white wardrobe with boxes

3. Desain. Bila Anda tak membeli lemari pakaian 1 set dengan furnitur kamar lainnya, maka pastikan desain lemari pakaian Anda cocok dengan furnitur yang lainnya. Selain itu, desain lemari juga harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja selain pakaian Anda juga ingin menyimpan koleksi tas dan sepatu di dalam lemari, maka Anda harus memastikan adanya space pada lemari untuk menyimpan tas dan sepatu Anda.

Lifestyle Image of a Contemporary Bedroom

4. Warna. Sebaiknya warna lemari pakaian disenadakan dengan warna furnitur lainnya seperti tempat tidur, nakas, dan cermin. Pemilihan warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, kuning gading, atau coklat untuk lemari pakaian bisa dibilang juga cukup aman untuk dipadupadankan dengan warna lainnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares