Career

Dijauhi Rekan Kerja Saat Mendapat Promosi

By  | 

Q: Dear Smart Mama,

Belum lama ini saya mendapat promosi jabatan. Tentunya ini adalah kabar yang sangat menggembirakan bagi saya. Namun sayangnya, promosi jabatan tersebut harus saya tukar dengan kehilangan teman. Entah apa alasannya, rekan kerja yang biasanya sangat akrab dalam hal pekerjaan maupun di luar pekerjaan, tiba-tiba berubah sikap. Mereka menjauh dari saya dan hanya berbicara seperlunya saja. Padahal sebelumnya, mereka adalah teman dalam sulit maupun senang. Bagaimana ya, supaya saya tetap bisa berteman dengan mereka tanpa memandang jabatan?

 

Tasya, 27 tahun, mama dari Alesya, 2 tahun. 

 

A: Dear mam Tasya,

Promosi tidak hanya meningkatkan gaji Anda saja, namun juga meningkatkan tanggung jawab dan tantangan kerja Anda. Bisa jadi rekan kerja menjauhi Anda karena mereka segan dengan posisi Anda sekarang. Karena itu, ada baiknya Anda menemui rekan-rekan Anda di tempat kerja. Dengan suasana santai, Anda bisa membicarakan perubahan dan hal-hal yang tetap ada walau jabatan Anda sekarang ini sudah lebih tinggi. Tentunya Anda tidak bisa berharap bahwa kondisi akan sama persis seperti sebelumnya. Walau begitu, bukan berarti kondisi jadi lebih buruk bukan?

Tentunya tetap dibutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian baik antara Anda maupun rekan kerja yang lain. Lagipula, kenaikan jabatan tidak seharusnya merubah Anda dalam segala hal. Menjaga wibawa sebagai atasan memang perlu, namun tetap menjaga jalinan pertemanan antara atasan dan bawahan juga cukup penting. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares