Sex

Hormon yang Aktif Saat Bercinta

By  | 

Jika Mamas sering bertanya bagaimana bisa aktivitas bercinta dapat meredakan stres, (Baca: 12 Manfaat Seks untuk Anda) berikut adalah hormon yang bekerja aktif selama hubungan seksual berlangsung yang turut berfungsi mengatur suasana hati:

1. Endorfin. Hormon ini dilepaskan oleh otak saat Anda bercinta dengan pasangan yang menghasilkan efek bahagia.
2. Adrenalin. Peningkatan jumlah hormon ini terjadi saat hubungan seksual berlangsung, terlebih dalam kondisi hampir mencapai klimaks. Hormon ini turut meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh otot tubuh.

Exploring each other’s bodies

3. Serotonin. Hormon yang satu ini berfungsi mengatur suasana hati. Saat Mamas & pasangan mencapai orgasme, tubuh akan melepaskan hormon serotonin ke otak yang berfungsi sebagai anti depresan.
4. Testosteron. Tidak hanya pada pria, hormon testosteron memberi manfaat yang sama yaitu mendorong gairah seksual pada wanita. Hormon inilah yang berfungsi sebagai bahan bakar utama dan pendorong gairah seksual sebelum bercinta.

Kondisi yang umum terjadi pada para mama setelah melahirkan adalah kondisi Ms. V yang kering, pernahkah Anda mengalaminya, Mamas? (Baca: Nyeri Saat Bercinta Paska Melahirkan, Mengapa?). Ternyata hal ini disebabkan oleh rendahnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Pastikan Anda menjaganya dengan memperbanyak istirahat, menghindari stres dan konsumsi makanan bergizi seimbang. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockpoto.com)

Shares