Mind

10 Tahapan Emosional Saat Memilih Nama Bayi

By  | 

Mamas, memilih nama bayi memang bukan perkara mudah, banyak pasangan mengaku kerap adu argumen satu sama lain saat memilih nama Si Kecil dalam kandungan. Tak hanya pasangan, keluarga besar juga kerap ikut campur dalam pemberian nama Si Bayi. Tidak heran jika momen ini merupakan tahapan yang cukup menguras emosi. Yuk simak seperti apa tahapannya berikut.

1. I’m pregnant! Saatnya mencari berbagai info seputar kehamilan, menemukan dokter kandungan yang tepat, serta tentu saja mulai mencari nama yang tepat untuk Si Bayi. Karena belum tahu jenis kelaminnya, maka biasanya Anda mulai mencari nama untuk dua gender.

2. Membeli buku nama bayi. Yes Mams, di tahap kedua biasanya calon mama mulai membeli aneka buku nama bayi dan kemudian bingung sendiri karena ada ribuan nama yang bisa dijadikan pilihan.

3. Argumen dengan pasangan. Biasanya pasangan juga ikut serta membaca buku nama bayi dan memilih sesuai dengan seleranya sendiri yang belum tentu sejalan dengan Anda. Nah di masa ini kerap terjadi perdebatan yang cukup sengit antara Anda yang tengah hamil dengan Si Dia.

4. Sekarang, Anda sudah mengetahui gender Si Kecil… Pencarian nama pun lebih fokus sesuai dengan gender bayi yang Anda kandung. Namun demikian, di tahap ini tetap saja Anda merasa bingung, pilih yang tradisional, modern, mengikuti nama anak selebriti, nama tokoh film atau kartun, atau gabungan nama Anda dan suami?

Woman Writing Possible Names For Baby Girl In Nursery

5. Kok semua nama sudah diambil ya? Anda ingin memberi nama Si Kecil Ameera, tapi kok sama dengan nama anak tetangga. Atau Charlotte, tapi saudara sepupu juga ada yang bernama itu. Kevin? Mirip dengan nama si mantan.

6. Setiap nama yang Anda dan pasangan suka mengingatkan pada orang-orang yang tidak menyenangkan. Adrian mengingatkan pada teman SD yang dulu sangat nakal. Darla mengingatkan Anda pada tokoh kartun nakal dalam film Finding Nemo. Padahal Anda sangat menyukai nama-nama tersebut.

7. Akhirnya daftar nama yang tadinya banyak sudah mulai membentuk list yang lebih sedikit. Setelah berdiskusi dengan suami, akhirnya keluar nama-nama yang Anda berdua suka, berikut dengan artinya.

8. Namapun terpilih! Dari list tersebut, Anda dan suami memilih nama lengkap Si Kecil. Setelah dirangkai ternyata nama tersebut memiliki sebuah arti yang mengandung harapan bagi Anda dan suami pada Si Kecil.

9. Due date semakin dekat, Anda belum yakin 100% dengan nama yang sudah dipilih. Kok rasanya antara nama depan dengan nama tengah kurang matching ya…

10. Si Bayi pun lahir dan ada dalam pelukan Anda. Urusan nama jadinya terasa lebih simpel, siapapun namanya tak terlalu menyita perhatian dibandingkan dengan bayi cantik milik Anda dan suami. Dan namapun kembali ke nama yang sudah dipilih tanpa keraguan sedikitpun. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares