Mind

Tanpa Anda Sadari, Beberapa Keluhan ini Menandakan Anda Sedang Stres!

By  | 

Mams, pernahkah Anda merasakan beberapa hal mengganggu dibawah ini? Bila ya, maka tanpa disadari, sebenarnya Anda sedang merasa tertekan akan suatu masalah. Bila hal ini terjadi, coba cari tahu masalahnya dan selesaikan segera ya, Mams. Selain agar stres Anda hilang, keluhan-keluhan dibawah ini pun tak Anda rasakan berkepanjangan.

  • Sakit Kepala. Stres bisa menyerang pikiran dan tubuh Anda secara tiba-tiba. Bila Anda kerap merasakan nyeri pada kepala atau bahkan migrain berkepanjangan, maka bisa jadi Anda sedang stres . Istirahatkan tubuh dan pikiran Anda dengan tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat ya, Mams.
  • Kulit Gatal. Sebelumnya, Anda tak pernah mengalami alergi, apalagi alergi kulit seperti eksim yang sangat gatal dan mengganggu penampilan. Kondisi ini dapat bertambah buruk saat Anda merasakan cemas dan tegang yang berlebih. Selain eksim, penyakit kulit lainnya yang bisa saja menyerang saat stress adalah dermatitis dan psioriasis. Kondisi ini terjadi karena stres yang dialami mengaktifkan serabut saraf hingga sebabkan sensasi gatal di tubuh.

 

abdominal pain

 

  • Nyeri PMS. Saat Anda mengalami sakit yang berlebihan saat PMS, bisa jadi pada saat itu Anda sedang tertekan. Kondidi ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Lakukan olahraga untuk meminimalisir rasa sakit dan stres yang melanda. Olahraga akan meregangkan otot tubuh dan ampuh meredakan sakit.
  • Mimpi buruk. Tidur, sejatinya akan membuat Anda merasa lebih tenang dan relaks saat terbangun. Namun, stress yang Anda alami berisiko membuat tubuh sulit untuk relaks, termasuk dalam keadaan tidur. Mamas jadi sering terbangun di tengah malam dan disertai oleh mimpi aneh yang menakutkan dan melelahkan.
  • Gusi berdarah. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami stres cenderung rentan terhadap penyakit di sekitar mulut, baik sariawan ataupun gusi berdarah. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya hormon kortisol yang mengganggu sistem imun dan menyebabkan bakteri yang menyerang gusi. Jadi, biasakan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares