Pleasure

Mengintip Pabrik Coklat Monggo di Yogyakarta

By  | 

Coklat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Yogyakarta. Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia mempunyai banyak spot oleh oleh. Seperti bakpia pathuk, Salak pondoh. tetapi ada salah satu spot oleh oleh baru yang ada di Jogja yaitu Coklat Monggo.

Tak disangka kota yang masih mengusung tradisi daerah ini terdapat pabrik pembuatan cokelat rasa eropa yang bernama Coklat Monggo. Coklat bergaya Swiss ini diproduksi di Kota Gede, Yogyakarta. Dan sekarang ini coklat monggo mempunyai 2 showroom yaitu di Kota Gede dan yang terbaru di Tirtodipuran

Salah satu keunikan pabrik cokelat asal Jogja yang satu ini terletak pada kebijakan perusahaan serta keunikan oultet yang dikemas sangat eye cathing yang dapat menambah daya tarik wisatawan yang sedang berkunjung ke kota gudeg. Bahkan ada pula yang menjadikan berkunjung ke dapur Monggo sebagai agenda utama saat berlibur di Jogja. Mengapa demikian? Karena di jam-jam yang telah ditentukan pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan cokelat langsung dari dapur yang hanya dibatasi oleh dinding kaca saja.

Memang sekarang ini coklat monggo sudah banyak beredar di toko toko di Jogja. Terus kenapa harus ke showroomnya? Karena  sebelum membeli coklat monggo, kita bisa mencicipi rasa coklat yang diproduksi disana. Selain itu kita juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan coklat disana dari balik kaca display.
Tips untuk mengunjungi showroom 1 coklat monggo ini adalah jangan datang pada hari pasaran legi (pasaran pada kalender jawa) karena Pasar yang berada dekat dengan showroom itu akan sangat rame dan macet. Untuk melihat proses produksi coklat ini, ada baiknya datang pada pagi hari. Pabrik Coklat Monggo ini buka setiap hari dari jam 9:00 sampai jam 17:00 WIB.  Hari minggu, dapur coklat ini tutup jam 12.00 siang.

IMG_8752
Ada beberapa varian rasa coklat yang diproduksi pabrik itu seperti : Praliné – Krim Kacang Mete, Caramello – Krim Karamel, Dark – 58% kakao, Stroberi, Durian, White Chocolate, Mangga, Marzipan, Jahe, Red Chili dan lain lain yang tersedia dalam berbagai bentuk , ukuran dan kemasan seperti bars, tablet dan kemasan khusus. Kemasan yang digunakan merupakan kertas daur ulang yang akan menimimalisir penggunaan plastik dan ramah lingkungan

Pabrik Cokelat Monggo yang beralamatkan di Dalem KG III/978 RT 43 RW 10 Purbayan Kotagede ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Namun khusus di hari Minggu dapur cokelat Monggo hanya buka hingga pukul 12.00 saja. Sebaiknya Anda melihat kalender Jawa ketika berencana berlibur di pabrik cokelat yang satu ini. Mengapa demikian? Karena di Jogja masih berlaku hari pasaran,. Pasaran merupakan hari “jual”  suatu pasar yang biasanya akan jauh lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa. Untuk pasar Kotagede sendiri pasarannya jatuh pada hari Legi. Setiap pasaran sebuah pasar tiba biasanya diikuti dengan bertambahnya jumlah pengunjung pasar. Tertarik untuk berburu cokelat lezat asli Jogja ini? (Yosi Avianti/ Photo : Various)

Shares