Finance

Trik Berbelanja Smart untuk Si Shopaholic

By  | 

Apa hobi Anda, Mamas? Bila berbelanja adalah salah satu hobi Anda, maka Anda harus benar-benar smart dalam mengatur keuangan keluarga. Jangan sampai, hobi Anda yang satu ini mengganggu manajemen keuangan keluarga. Ingat, hidup Anda saat ini tak hanya untuk Anda dan suami, namun juga ada anak-anak yang pendidikannya harus direncanakan sejak dini!

So, simak beberapa trik berikut, bagaimana menahan keinginan berbelanja berlebih!

1. Buat List Brand Produk.

Membuat list barang apa saja yang ingin dibeli sebelum pergi berbelanja, penting dilakukan. Namun, menyertakan pula brand yang akan dibeli dalam daftar belanja lebih penting lagi. Pasalnya, hampir semua toko punya trik tersendiri dalam penempatan barang-barang mereka. Dan tentunya, barang yang ingin mereka jual lebih cepat akan disimpan di tempat yang mudah terlihat. Biasanya, mereka akan meletakkan barang-barang tadi di rak paling depan yang tentunya mudah dilihat dan dijangkau pembelinya. Ini bisa jadi godaan besar bagi Anda lho, Mams! Karena pembeli cenderung memilih produk yang mudah terlihat, mudah dicari, walau sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

2. Gunakan Kartu Member.
Department store besar biasanya menawarkan fasilitas kartu member. Cari tahu apa saja keuntungan dari kartu member ini sebelum berbelanja, dan maksimalkan manfaatnya.

3. Ingat, Mahal Tak Selalu Berkualitas.
Asumsinya, produk mahal tentunya diikuti dengan kualitasnya yang baik. Padahal, belum tentu benar lho, Mams. Bisa jadi barang yang Anda beli tadi, kelebihannya hanya pada desainnya saja yang menarik, sedangkan kualitasnya sama saja.

Shot of two friends shopping in a boutiquehttp://195.154.178.81/DATA/i_collage/pu/shoots/804952.jpg

4. Don’t touch!
Melihat barang di sekitar Anda dengan desain dan warna yang menarik, tentu menggoda Anda untuk setidaknya bisa menyentuhnya. Namun hati-hati, Mams! Walau sekedar iseng menyentuh saja, namun Anda bisa jadi tergoda lho untuk membelinya. Tak hanya teori, hal ini sudah dibultikan melalui penelitian yang diungkap oleh Journal of Consumer Research. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa memegang sebuah produk akan membuat Anda merasa jika produk tersebut perlu untuk dibeli.

5. Hindari Belanja Saat Lapar.
Pastikan perut Anda sudah terisi sebelum berbelanja. Karena, perut yang kosong ternyata bisa menstimulasi otak untuk membeli barang tanpa memperhitungkan tingkat prioritas kebutuhannya. Tak percaya? Coba buktikan! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares