Career

5 Tip Agar Kerja Lebih Produktif

By  | 

Untuk mencapai karier yang gemilang, tentunya harus diiringi dengan kerja keras. Agar kerja keras Anda tak hanya sekedar ‘kerja dengan keras’, ada baiknya Anda bisa mengatur waktu kerja dengan baik. Sehingga, kerja keras Anda adalah kerja yang produktif dan dapat mendukung karier Anda menuju sukses. Berikut tip-nya:

1. Bangun Lebih Pagi.

Sebenarnya, ada banyak hal baik yang dapat diperoleh ketika Anda bangun lebih pagi. Di pagi hari, Anda bisa menyelesaikan hal-hal yang bersifat lebih personal dan tak terburu-buru menyiapkan segala sesuatunya. Dengan begitu, Anda dapat menjalani hari lebih santai, tidak mudah panik, dan bisa lebih fokus pada pekerjaan.

2. Kenali Cara Kerja.

Dalam 8 jam waktu kerja Anda, sebenarnya ada beberapa waktu yang tidak terlalu penting untuk dilakukan. Seperti misalnya, mengobrol dengan rekan kerja setelah usai istirahat makan siang, atau browsing tempat-tempat wisata untuk liburan akhir tahun nanti. Awali dengan mengenali cara kerja Anda terlebih dahulu, lalu pangkas waktu ‘kurang produktif’ Anda untuk menyelesaikan tugas yang lebih penting.

Woman laying back during work

3. Rehat Sejenak.

Tahukah Anda jika otak hanya dapat berkonsentrasi penuh selama 90 menit saja? Jadi, memaksakan diri terus menerus bekerja tanpa henti, hanya akan membuat Anda tidak produktif. Sisihkan waktu beberapa menit untuk istirahat sejenak. Duduk dengan santai sambil memejamkan mata, atau bisa juga dengan stretching. Setelah beristirahat sejenak, Anda akan merasa lebih fresh, dan dapat lebih konsentrasi dalam bekerja.

4. Mendengarkan Musik.

Suasana kerja yang bising memang cukup mengganggu konsentrasi. Coba deh Mams, dengarkan musik saat bekerja. Menurut penelitian, mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda lho. Jadi, siapkan playlist lagu-lagu favorit Anda sebelum mulai bekerja.

Businesswoman using smart phone

5. Aturan Penggunaan Smartphone

Tanpa Anda sadari, notifikasi media sosial di smartphone Anda dapat memecah konsentrasi. Dan ketika Anda membuka smartphone Anda, tanpa disadari setidaknya Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari 10 menit untuk mengecek smartphone Anda. Bayangkan bila itu terjadi beberapa kali dalam 1 hari, berapa lama waktu kerja Anda yang terbuang untuk mengecek akun sosial media Anda? Karena itu, coba buat aturan untuk diri sendiri. Seperti misalnya, mengecek smartphone saat bangun pagi, sebelum memulai rutinitas kerja, saat makan siang, sore sebelum pulang kantor, dan sebelum tidur. Dengan begitu, waktu untuk bekerja dan bersama keluarga tak akan terganggu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares