Education

Bagaimana Memilih Buku Cerita Untuk Si Bayi?

By  | 

Aktivitas membacakan buku sebenarnya sudah bisa Anda mulai sejak bayi berusia di bawah 2 tahun. Karena membaca buku bersama bayi dapat menjadi salah satu aktivitas memperkuat bonding bersama. 

Membacakan buku kepada bayi juga dapat memberikan pelajaran kepada bayi tentang makna dari suatu simbol, gambar, suara dan kata yang memiliki arti. Aktivitas ini juga membantu bayi untuk melatih cooing, babling, dan menirukan ucapan kata.

Lalu, buku seperti apa sih yang cocok untuk bayi?

  • Bayi-bayi sangat senang mendengar suara yang familiar bagi mereka. Jadi, sebenarnya Anda dapat membacakan buku tentang apa saja. Namun, karena bayi biasanya menyukai sesuatu yang berirama, pilihan buku yang memiliki ritme atau yang bisa dinyanyikan bisa menjadi pilihan terbaik untuk bayi.
  • Ketika bayi dalam masa belajar untuk menggenggam, pilih buku yang ringan, buku yang bisa dicuci dan berbahan vinyl juga bisa menjadi pilihan.
  • Pilih buku yang menampilkan objek-objek familiar di sekitarnya, bisa buku yang menjelaskan tentang benda, hewan, atau buku yang berisi tokoh bayi-bayi lain. Bahasa yang dipilih juga tetap sederhana ya.
  • Ketika bayi sudah mulai belajar bicara, buku yang mengajak mereka untuk mengulang suatu kata atau frasa dapat menjadi pilihan terbaik.
  • Anda bisa pilih buku yang memiliki tekstur. Misalnya, sesuatu yang dapat disentuh, kartu untuk dibuka, atau sesuatu yang dapat ditarik (seperti pop up book).
HIBB678039_

Baby First Colours. Tororo.com

Salah satu buku yang bisa Anda pilih adalah, Hinkler Baby’s First Colours. ¬†Dirancang untuk membantu orang tua membangun keterampilan perkembangan anak-anak, Hinkler Baby’s First Colours ini menggemaskan, sampulnya empuk membuat awal belajarnya menyenangkan. Penyajian pembelajaran yang menarik pada setiap halaman, sempurna untuk tangan-tangan kecil untuk memegangnya, kata-kata sederhana yang dikombinasikan dengan foto-foto berwarna dari item familiar akan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan mengenal warna dari usia dini. Anda bisa beli buku ini di www.tororo.com. (Yosi Avianti/Photo : Various, Istockphoto.com)

Shares