Mind

Kehamilan pada Wanita usia 20an Vs 30an (Secara Psikologis)

By  | 

Mamas, selain perbedaan kondisi fisik, ternyata wanita yang hamil di usia 20an juga memiliki perbedaan psikologis dengan yang sudah berusia 30an. Seperti apa perbedaannya? Simak yuk!

Usia 20an
Di usia ini secara fisik Anda sangat sehat dan kuat untuk menghadapi kehamilan. Namun demikian, kehamilan di usia ini kerap membuat calon mama lekas merasa panik.
Menurut Christine Greves, MD, seorang Ginekolog dari Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, Orlando, di usia ini calon mama memiliki banyak kekhawatiran. Contohnya masalah karier, karena pada umumnya di usia ini seorang wanita belum memiliki karier yang mapan. Dan di sisi lain mereka juga memikirkan bagaimana cara memerah ASI di kantor nantinya.
Pemikiran tersebut menjadi bercampur aduk, ditambah lagi pemikiran seputar finansial yang kerap membuat calon mama di usia ini merasa stres. Namun demikian, jiwa muda yang masih bersemangat akan mampu mengatasi berbagai kendala tersebut.

Close Up Of Pregnant Businesswoman In Office

Usia 30an
Secara fisik tentu saja Anda tidak sekuat pada saat usia 20an. Apalagi jika kehamilan terjadi di atas usia 35 tahun. Biasanya Anda akan membutuhkan perhatian secara medis. Berbeda dengan kondisi fisik, secara mental Anda justru lebih siap dan cenderung santai menghadapi kehamilan.
Bukan berarti Anda tidak merasakan kepanikan sama sekali. Namun di usia ini kondisi karier calon mama relatif sudah stabil. Dan biasanya, di usia ini Anda bukanlah calon mama pertama di dalam “circle“, sehingga Anda memiliki support system yang kuat. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares