Beauty & Style

5 Masker Alami Untuk Hilangkan Stretch Marks

By  | 

Anda yang tengah mendapati timbulnya guratan halus atau biasa disebut dengan stretch marks jangan panik. Anda bisa pilih beberapa masker alami yang bisa Anda buat di rumah, berikut ini. Selamat mencoba ya Mamas!

 

1. Masker Gula Pasir dan Jus Lemon. Masker alami yang terbuat dari campuran jus lemon dan gula pasir bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan stretch marks. Anda bisa membuat bahan ini di rumah sendiri dan tidak membutuhkan banyak biaya. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dan air perasan jeruk lemon. Kemudian aduk perlahan hingga bercampur namun gula tidak terlalu hancur. Kemudian gunakan secara langsung ke bagian kulit yang terkena stretch mark. Perhatikan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras untuk menghindari luka. Biarkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa mengurangi stretch marks meskipun membutuhkan terapi yang rutin

2. Masker Putih Telur. Jika Anda memiliki banyak putih telur maka bisa menggunakan bahan ini untuk menghilangkan stretch marks. Putih telur adalah sumber protein alami yang akan membantu regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit lebih putih dan permukaan kulit bisa menjadi lebih halus. Memang banyak orang yang merasa jijik karena putih telur berbau dan lengket. Tapi manfaatnya untuk kulit memang sangat besar. Cara perawatan bisa dilakukan dengan cara menerapkan bagian putih telur yang baru dibuka secara langsung. Kemudian biarkan selama beberapa saat hingga kering sendiri. Bilas dengan menggunakan air hangat. Jika Anda tidak menyukai aroma putih telur yang tertinggal maka terapkan pelembab setelah perawatan.

3. Gunakan Getah Kentang. Kentang tidak hanya makanan yang sehat untuk ibu hamil karena mengandung karbohidrat, namun kentang juga sangat baik untuk menghilangkan stretch marks. Getah kentang mengandung polifenol tertentu yang bisa membantu membuat kulit menjadi lebih elastis. Caranya adalah dengan mengupas dan memotong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokkan pada bagian stretch marks secara lembut dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu bersihkan dengan air dingin dan Anda bisa merasakan kulit menjadi sangat lembut.

4.Masker Gel Lidah Buaya. Gel lidah buaya sudah terkenal karena khasiatnya bisa membantu membuat kulit menjadi lebih lembab dan elastis. Bahkan gel lidah buaya bisa membantu merawat luka bakar ringan pada kulit dan menghilangkan luka. Gel lidah buaya mengandung pelembab alami yang akan menghilangkan sifat kulit kaku saat hamil. Cara perawatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengambil gel lidah dengan mengupas kulitnya. Kemudian gunakan gel secara langsung pada bagian kulit yang terkena stretchmark. Cara ini juga bisa mencegah stretch marks sebelum muncul dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

5. Masker Coklat. Jika Anda memiliki coklat bubuk maka juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan stretch marks saat hamil. Coklat bubuk bisa memulihkan kondisi kulit yang berkerut atau tertarik karena kurang elastis. Bahkan coklat bisa membantu menghaluskan kulit sehingga bisa menjadi perawatan yang sangat alami. Caranya adalah dengan melarutkan coklat bubuk dengan minyak zaitun atau air mineral. Setelah menjadi pasta maka gunakan untuk masker pada area stretchmark. Tunggu beberapa saat hingga mengering lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali dalam sehari agar kulit menjadi lebih elastis dan lembut.  (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares