Finance

3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mencicil Barang dengan Kartu Kredit

By  | 

Beragam promo seringkali ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit, kepada nasabahnya. Dari mulai ekstra poin, cicilan 0%, diskon sekian persen, hingga cashback!

Walau begitu banyak promo yang ditawarkan, namun sebelum Anda tergiur untuk berbelanja menggunakan kartu kredit, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini, sebelum memutuskan membeli barang dengan kartu kredit.

1.    Bunga Cicilan. 

Ketika Anda akan mencicil barang, Anda perlu memerhatikan besarnya bunga cicilan yang ditawarkan oleh pihak Bank penerbit kartu kredit tersebut. Jangan sampai, bunga cicilan tadi terlalu besar dan merugikan Anda. Namun, untuk promo cicilan dengan bunga 0%, Anda bisa mempertimbangkannya, mams. Karena saat membayar cicilan per bulannya, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan tagihan, tanpa adanya bunga tambahan.

2. Periode cicilan. 

Periode cicilan yang ditawarkan beragam, mulai dari 3 bulan, hingga 12 Bulan. Tentunya, akan sangat meringankan Anda bila memilih jangka waktu yang sesuai dengan tingkat kepentingan barang dibeli dan juga kemampuan anda dalam mencicilnya.

 

Portrait of minded woman holding bank card and doing shopping

 

3.    Metode pemotongan limit kartu kredit. 

Ketahui lebih dahulu tentang metode pemotongan limit kartu kredit yang dilakukan bank penerbit. Biasanya, bank menggunakan 2 metode berikut untuk pemotongan limit. Yang pertama saat Anda berbelanja dengan kartu kredit sebesar 4 juta rupiah, namun limit kartu anda adalah 5 juta rupiah, maka pihak bank akan memblok sejumlah 4 juta tadi dan sisa limit kartu kredit anda adalah 1 juta rupiah. Yang kedua, misalnya penggunaan kartu kredit Anda sejumlah 3 juta rupiah dengan cicilan 500.000, maka sisa limit anda akan bertambah seiring dengan jumlah cicilan anda tiap bulannya. (Tammy Febriani/KR/Photo: IStockphoto.com)

Shares