Parenting

Ciptakan Kebersamaan Berkualitas Bersama Si Kecil dengan ‘Together, More’ Moments

By  | 

Kini, menemukan sosok mama multi peran yang memiliki tanggung jawab lain sebagai pekerja kantor atau menjalani bisnisnya sendiri, sudah tak asing lagi. Namun bukan berarti kesibukan yang bertambah, kemudian jadi mengurangi kesempatan Anda, para mama, untuk menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Menurut psikolog anak anak dan keluarga Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, Psi, ada beragam cara yang dapat dilakukan agar kebersamaan Anda bersama anak dapat bermakna lebih. Yaitu diantaranya dengan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan, lebih terbuka dan lebih akrab bersama keluarga.

“Tentunya sudah menjadi hal yang umum jika kita menemui mama modern yang harus bekerja atau membangun usaha sendiri demi mengejar impiannya ataupun tuntutan finansial. Namun demikian, seorang mama harus tetap handal dalam mengapresiasi waktunya. Mama harus mampu menjalin interaksi atau berpartisipasi aktif dalam tiap momen-momen keterikatan keluarga, sehingga kehadirannya tetap dapat dirasakan sepenuhnya oleh sang anak dan dapat tercipta kebersamaan yang berkualitas,” terang psikolog yang kerap disapa Nina ini.

Menurut Nina, ada banyak hal yang bisa dilakukan mama untuk menciptakan kebersamaan yang lebih berkualitas. “Saat sedang bersama anak, mama dapat mendengarkan anak dengan perhatian penuh, menyadari dan mengendalikan emosinya, merespon dan bukan sekadar bereaksi, menerima anak tanpa menghakimi, dan bersikap penuh kasih sayang. Saat ini semua dilakukan, walaupun di tengah tanggung jawab yang beragam dan waktu yang terbatas, mama tetap dapat menciptakan kebersamaan yang lebih berkualitas yang pada akhirnya akan meningkatkan attachment (hubungan yang dekat antara orangtua dengan anak), keterlibatan orangtua, dan kepercayaan diri orangtua dalam mengasuh anaknya,” urainya.

Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, Psi selaku psikolog anak dan keluarga

Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, Psi

Menjaga kebersamaan keluarga merupakan prioritas, terlebih lagi karena keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak-anak. Nina menekankan, “Perlu diingat, melalui keluarga anak belajar segalanya, seperti menambah wawasan, menerima rasa nyaman serta kasih sayang hingga mengenal bermacam-macam nilai sosial sebagai modal pokok tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, mama sebagai yang paling dekat dengan seluruh anggota keluarga, menjadi sosok yang berperan dalam memfasilitasi hadirnya momen-momen keterikatan sehingga terwujud kebersamaan yang lebih bermakna.”

Melanjutkan komitmennya untuk mempererat keluarga Indonesia, LOTTE Choco Pie kembali mengajak para mama, memaknai setiap momen keterikatan dengan kebersamaan yang lebih berkualitas melalui tema ‘Together, more’. “Sebagai camilan favorit keluarga Indonesia, LOTTE Choco Pie ingin selalu hadir untuk mendukung terciptanya keluarga Indonesia yang harmonis. Kali ini melalui konsep “Together, more.” LOTTE Choco Pie ingin mengajak para mama agar dapat lebih memanfaatkan kehadirannya di tengah tanggung jawab yang beragam serta waktu yang terbatas. Dengan mengkomunikasikan “Together, more.”, LOTTE Choco Pie berharap dapat mewujudkan berbagai together more moment melalui pengalaman-pengalaman yang positif untuk membantu meningkatkan kualitas kebersamaan dan menyempurnakan hubungan keluarga-keluarga Indonesia,” terang Oci C. Maharani, Brand Manager Lotte Indonesia.

para

Pada kesempatan ini, LOTTE Choco Pie juga memperkenalkan Brand Ambassador terbarunya, yaitu Carissa Puteri. Selebrita berdarah Jerman yang sempat rehat ketika melahirkan anak pertamanya ini dikenal sebagai seseorang yang dekat dengan keluarga.

Menurut Carissa, sebagai seorang mama, kebersamaan keluarga merupakan hal yang mendasar. “Baiknya ketika sedang berkumpul, kita sama-sama aktif berinteraksi dengan mendengarkan, bercerita, bermain, dan juga tidak menggunakan gadget, sehingga kebersamaan yang ada menjadi berkualitas. Saya pun secara rutin menyediakan waktu untuk mewujudkan momen kebersamaan untuk keluarga yang lebih harmonis. Sebagai contoh, untuk menghadirkan kebersamaan yang lebih menyenangkan, saya mengajarkan warna ke Q sambil menikmati LOTTE Choco Pie. Jadi saat snacking time, aku minta ambil piring warna tertentu terus kita makan bareng. Jadi tidak hanya meluangkan waktu untuk anak bermain, namun saya berusaha untuk turut ikut dalam permainan tersebut. Belajarnya dapat, kebersamaannya juga. Rasanya tidak hanya Q yang merasa senang, saya pun ikut merasa senang dan momen ini pun menjadi lebih bermakna bagi kami berdua,” cerita mama dari Quenzino atau kerap dipanggil Q, 3 tahun.

Carissa Putri dan Quenzino

Carissa Putri dan Quenzino

Carissa ingin Quenzino memahami nilai-nilai positif keluarga sebagai pondasi awal sehingga kelak dapat menjadi pribadi dengan karakter yang baik. Menurutnya, hal ini dapat dicapai jika ia mendedikasikan waktu yang berkualitas untuk menciptakan kebersamaan yang lebih bermakna dengan sang buah hati.

Sama halnya dengan Carissa, kita pun tentu tak ingin melewatkan momen untuk bisa selalu bersama dengan Si Kecil bukan, Mams? Jadi, yuk kita terapkan sarana-saran dari Nina dan Carissa, agar kedekatan bersama Si Kecil dapat lebih bermakna! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares